-->

Bawaslu Batu Bara: Anggaran Pilkada Batu Bara 2024, Terkesan Sangat Minim

Alokasi Anggaran Pilkada Batu Bara 2024, Bawaslu menilai sangat Minim.



BATU BARA - Perisainusantara.com

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Batu Bara menilai dana yang di sanggupi Pemkab Batu Bara untuk Bawaslu Batu Bara sangat minim, dan terkesan tidak mencukupi

Pengajuan Anggaran Pendanaan Bawaslu Kabupaten Batu Bara untuk Pilkada Bupati 2024 pada saat ini tengah dalam proses, dan sepertinya belum mendapat persetujuan Pemkab Batu Bara.

Ketua Bawaslu Batu Bara M.Amin Lubis ketika di konfirmasi di kantornya berkata " Kita sudah ajukan kebutuhan anggaran Bawaslu sebesar Rp. 16 miliar untuk Pilkada Bupati Batu Bara 2024, 

Namun Pemkab Batu Bara hanya menyanggupi anggaran sebesar Rp. 8,5 miliar, Ini sungguh memprihatinkan". ungkap Ketua Bawaslu Kabupaten Batu Bara M Amin Lubis, Rabu petang (11/10/23). 

Ditambahkan M.Amin Lubis, anggaran Pilkada Bupati 2024 yang disanggupi Pemkab Batu Bara sangat tidak mencukupi. Pihaknya minta sedikitnya Rp. 12,1 miliar agar pencegahan dan penanganan Pilkada dapat maksimal. 

Diungkapkan M. Amin Lubis, pada Pilkada 2018, Pemkab Batu Bara mengalokasikan anggaran Bawaslu sebesar Rp. 8 miliar, dan Anggaran tersebut untuk kebutuhan Bawaslu Kabupaten Batu Bara dengan 7 Panwascam. 

" Sementara saat ini dengan penambahan 5 kecamatan Pemkab Batu Bara hanya menambah anggaran sebesar Rp. 500 juta. Inikan tak logis", sebut M.Amin Lubis.

Pada saat yang sama, Koordiv Hukum Pencegahan dan Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Kabupaten Batu Bara Muksin Kalid menjelaskan bahwa Bawaslu Provinsi Sumatera Utara bahkan sudah minta pihaknya mengajukan anggaran Pilkada Batu Bara terlepas dari sharing anggaran Pilkada Gubernur/Wakil Gubernur Sumut. 

Selanjutnya dijelaskan, M. Amin Lubis, sesuai aturan Menkeu terkait honorium berdasarkan  Perbawaslu tentang tugas dan fungsi (tupoksi) Sentragakumdu dan sosialisasi fungsi pencegahan pelanggaran Pilkada dan Permendagri terkait kewajiban Pemda memfasilitasi aggaran Pilkada. 

M. Amin Lubis sangat menyayangkan sikap DPRD Batu Bara sepertinya dinilai tidak mendukung pengajuan anggaran Pilkada oleh Bawaslu Batu Bara.

Dan, saat itu DPRD Batu Bara mengatakan anggaran yang diajukan KPU Batu Bara dan Bawaslu Kabupaten Batu Bara agar  disharingkan ke PemProv SU, Sebutnya. M.Amin Lubis

(wellas)

Share:

No comments:

Post a Comment

Artikel

Labels

Budaya (15) ekonomi (3) Kesehatan (13) Organisasi (153) Pemerintahan (93) Pendidikan (132) politik (86) Polri/TNI (6) sosial (106) Sumatera Utara (29)

Blog Archive