-->

Bawaslu Batu Bara Gelar Sosialisasi Ajak Organisasi Peduli Pengawasan Partisipatif Pemilu 2024

 


BATU BARA - Perisainusantara.com

Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Batu Bara dalam upaya mengajak masyarakat Peduli Pengawasan Partisipatif, membuat kebijakan dengan melibatkan berbagai Lembaga Organisasi di Kabupaten Batu Bara.

Berbagai Organisasi Masyarakat, Pemuda, LSM, Lembaga Wartawan, Tokoh Masyarakat, dan Lembaga non-profit dalam pengawasan partisipatif Pemilu di Tahun 2024

Ketua Bawaslu Kabupaten Batu Bara, M. Amin Lubis, SH.I, menjelaskan pentingnya kerja sama antar-lembaga dan organisasi ini untuk memaksimalkan pengawasan, terutama karena jumlah anggota Panwas Kecamatan terbatas.

Dalam acara sosialisasi ini, narasumber dari Kapolres Batu Bara dan Kepala Kejaksaan Negeri Batubara memberikan pemahaman tentang pentingnya pengawasan partisipatif. 

Amin Lubis menekankan bahwa Bawaslu berperan dalam mengawasi seluruh proses Pemilu, termasuk keterlibatan ASN, TNI/Polri, masyarakat, dan pemilih.

Amin juga menggambarkan pemilu seperti suatu pesta pernikahan, dengan berbagai peran yang harus dilakukan dengan baik. 

Dia juga menyebut tentang Sentra Gakkumdu (Penegak Hukum Terpadu) yang melibatkan unsur Kejaksaan, Kepolisian, dan Bawaslu dalam penanganan pelanggaran.

Kesimpulannya, Bawaslu Batu Bara bertekad memastikan Pemilu sesuai dengan undang-undang dan berjalan dengan aman dan lancar. 

Acara ini dihadiri oleh berbagai organisasi masyarakat dan lembaga lainnya, menunjukkan komitmen bersama untuk memastikan integritas pemilihan umum tahun 2024.

Hadir Ketua Bawaslu Batu Bara Amin Lubis, Kapolres BB di wakili AKP Rubenta Tarigan , Kajari di wakili Vincen Tampubolon , 

Dan turut hadir berbagai Lembaga Organisasi di Kab. Batu Bara , antara lain PC NU. PC Muhamdiyah , BKPremi , Persatuan Gereja , FKUB , KNPI , IPK , MPC PP , Ampi , FLPPI , Rumah Edukasi, Porhati Kahmi , Persatuan Penyanding Dispabilitas , Pendamping Desa , Pendamping PKH , PWI , PJS , Pokdarkamtibmas , Gemkara , DPD Pujakesuma , dll.

(wellas)


Share:

No comments:

Post a Comment

Artikel

Labels

Budaya (14) ekonomi (3) Kesehatan (13) Organisasi (146) Pemerintahan (88) Pendidikan (129) politik (72) Polri/TNI (6) sosial (106) Sumatera Utara (29)

Blog Archive