-->

Dinkes Batu Bara Gelar Pelatihan Menejement Infeksi Laten Tuberkulosis

 


BATU BARA - Perisainusantara.com

Dalam rangka meningkatkan pemahaman dan penerapan manajemen infeksi laten tuberkulosis (ILTB) serta terapi pencegahan tuberkulosis (TPT), Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Kabupaten Batu Bara (P2KB) menggelar Pelatihan. 

Pelatihan ini berlangsung dari tanggal 4 hingga 7 Oktober 2023, dan resmi dibuka oleh Plt. Kepala Dinas P2KB, Dr. Deni Syahputra, di Singapore Land, Kecamatan Sei Balai Kabupaten Batu Bara.

dr. Deni Syahputra menekankan pentingnya keseriusan dalam mengikuti pelatihan ini, dan di harapkan peserta dapat memahami materi yang disampaikan oleh fasilitator dan menerapkannya di fasilitas pelayanan kesehatan masing-masing. 

Tujuan utama adalah untuk memastikan pemberian TPT di semua fasilitas kesehatan di seluruh Kabupaten Batu Bara. 

Dari pembekalan ini diharapkan dapat memperkuat upaya pencegahan dan pengendalian penyakit tuberkulosis demi mencapai target eliminasi TBC pada tahun 2028 di Provinsi Sumatera Utara.

Lanjutnya, Infeksi laten tuberkulosis (ILTB) adalah kondisi di mana sistem kekebalan tubuh individu terinfeksi tidak sepenuhnya menghilangkan bakteri Mycobacterium tuberculosis, tetapi dapat mengendalikannya sehingga tidak timbul gejala penyakit tuberkulosis.

Program ini telah ada sejak tahun 2016, sesuai dengan sasaran populasi yang diatur dalam peraturan kesehatan. Namun, hingga Desember 2021, cakupan pemberian TPT masih rendah pada berbagai kelompok usia, dan khususnya anak-anak. 

Disebabkan itulah, pelatihan ini diharapkan dapat memperbaiki kinerja fasilitas pelayanan kesehatan dalam pemeriksaan ILTB dan pemberian TPT.

Pada fasilitas pelayanan kesehatan di Kab. Batu Bara, baru dipaparkan oleh pelatihan ILTB dan TPT, sehingga ada kebutuhan mendesak untuk meningkatkan pemeriksaan ILTB dan pemberian TPT di semua fasilitas kesehatan. 

Di harapkan pada jajaran Dinas Kesehatan Batu Bara, Semoga dengan Pembekalan ini, dapat memberikan dorongan dan kontribusi positif dalam pencapaian tujuan ini. Tutup dr. Deni Syahputra.

(wellas)


Share:

No comments:

Post a Comment

Artikel

Labels

Budaya (15) ekonomi (3) Kesehatan (13) Organisasi (158) Pemerintahan (94) Pendidikan (135) politik (87) Polri/TNI (6) sosial (107) Sumatera Utara (29)

Blog Archive