-->

TK IT Darur AbrorTingkatkan Kualitas Guru Dalam Kombel

Batu Bara, Perisainusantara.com

Oleh: Sri Rahayu SH.I, S.Pd.I

TK IT Darul Abror  merupakan salah satu sekolah yang ada di Kabupaten Batu Bara - Sumatera Utara. Mulai  Pada tahun ajaran 2021-2022 lalu TK IT Darul Abror telah menerapkan Kurikulum Merdeka pada proses pembelajarannya.

TK IT Darul Abror juga merupakan pelaksana Program Sekolah Penggerak Angkatan 1 yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Sebagai sekolah yang menerapkan Kurikulum Merdeka, TK IT Darul Abror telah membentuk sebuah Komunitas Belajar Sekolah. Komunitas ini bertujuan untuk memfasilitasi guru, kepala sekolah dan warga sekolah lainnya untuk berkolaborasi dalam menerapkan kurikulum merdeka di TK IT Darul Abror.

Komunitas ini juga sebagai wadah pembelajaran bagi guru untuk mempersiapkan segala perangkat ajar yang ada dalam kurikulum merdeka.

Kali ini Kepala sekolah dan guru sama-sama membahas tentang implementasi kurikulum merdeka pada kegiatan Kombel yang dilaksanakan oleh satuan pendidikan TK IT Darul Abror. 

Penerapan kumer ini adalah upaya untuk memulihkan pembelajaran demi mewujudkan transformasi pendidikan ke arah yang lebih baik. Karena dalam kurikulum merdeka guru dapat mengenali potensi peserta didik untuk menciptakan pembelajaran yang relevan. 

Hal yang dibahas pada kegiatan ini adalah tentang raport kurikulum merdeka. Dalam kegiatan ini semua guru memberikan masukannya terhadap penerapan raport kurikulum merdeka bagi peserta didik di TK IT Darul Abror. 

Kegiatan ini dilakukan sesuai tahapan implementasi kumer yaitu mandiri belajar, mandiri berubah, dan mandiri berbagi. Mudah-mudahan guru TK IT Darul Abror dapat berkolaborasi bersama dengan penuh rasa suka cita

Komunitas ini bertujuan untuk memfasilitasi guru, kepala sekolah dan warga sekolah lainnya untuk berkolaborasi dalam menerapkan kurikulum merdeka di TK IT Darul Abror Komunitas ini juga sebagai wadah pembelajaran bagi guru untuk mempersiapkan segala perangkat ajar yang ada dalam kurikulum merdeka.

Komunitas belajar tidak hanya bisa di bentuk di satu sekolah, boleh juga antar sekolah dan juga organisasi.

Penulis: Sri Rahayu SH.I, S.Pd.I


Share:

No comments:

Post a Comment

Artikel

Labels

Budaya (16) ekonomi (3) Kesehatan (13) Organisasi (158) Pemerintahan (96) Pendidikan (135) politik (88) Polri/TNI (6) sosial (107) Sumatera Utara (29)

Blog Archive