-->

UPACARA PEMBUKAN DIKLAT PEMBENTUKAN PPNS BEA DAN CUKAI, PPNS LLAJ DITJEN PERHUBUNGAN DARAT DAN PPNS DITJEN PERHUBUNGAN LAUT POLA 400 T.A. 2022. DI DIKLAT RESERSE LEMDIKLAT POLRI.

Batu Bara, Sumut, Perisainusantara.com|, Kadiklat Reserse Lemdiklat Polri Brigjen. Pol. Agus Nugroho, S.IK., S.H., M.H. Memimpin upacara pembukaan Diklat Pembentukan PPNS Bea dan Cukai, PPNS LLAJ Ditjen Perhubungan Darat dan PPNS Ditjen Perhubungan laut pola 400 T.A. 2022. Bertempat di Lapangan Waskita Sandi Wiyata Diklat Reserse Megamendung Bogor.

Turut hadir dalam upacara tersebut antara lain:

Kabag Kermadiklat Robindiklat Lemdiklat Polri Kombes. Pol. Drs. Eri Safari, S.H., M.M.

Yang mewakili Biro Korwas PPNS Bareskrim Polri AKBP. Rosmaida Surbakti, S.H.

Ditjen Hubla : F. Zulistian, S.H, M.Si. (Kasubdit Penegakan Hukum, Dit KPLP Ditjen Hubla) 

Ditjen Bea & Cukai: DR. Mochamad Mulyono, SE, MM (Kabag Pengembangan Kepegawaian Ditjen BC)

Ditjen Hubdat: Dadan M. Ramdan, ATD, M.Si. (Kabag Kepegawaian Sesditjen Hubdar).

Mengawali amanat ini, saya mengucapkan selamat datang di bumi " Waskita Sandi Wiyata " Diklat Reserse Lemdiklat Polri Megamendung Bogor, kepada para peserta didik yang telah mendapatkan kepercayaan dari pimpinannya masing masing untuk mengikuti pendidikan pembentukan Penyidik Pegawai Negeri Sipil pola 400 jp yang dilaksanakan sejak hari ini tanggal 23 Agustus 2022 sd tanggal 21 Oktober 2022. 

Kadiklat menyampaikan berbagai pelanggaran dan kejahatan jika tidak diantisipasi dengan baik akan berimplikasi tidak hanya pada kerugian Negara tetapi juga terhadap keselamatan dan keamanan transportasi baik di darat maupun di laut.

Kondisi geografis Negara Indonesia yang sangat strategis dilengkapi oleh adanya kekayaan sumber daya alam dan jumlah penduduk yang besar telah menjadi daya tarik bagi para pelaku kejahatan untuk menjadikannya sebagai tempat produksi, tempat transit serta tujuan pemasaran barang-barang ilegal. Hal ini tentunya tidak boleh dibiarkan berlarut larut karena itu akan mengakibatkan timbulnya kerugian Negara, serta tidak tercapainya perlindungan masyarakat.

Untuk itu diperlukan upaya penanggulangan yang efektif dan efisien sejak hulu sampai ke hilir untuk mencegah dan memberantas berbagai kejahatan yang terjadi melalui kegiatan yang bersifat pre emtif preventiv maupun penegakan hukum. dengan mengedepankan sosialisasi dan edukasi, upaya preventiv melalui patroli. 

Guna menghadapi tantangan di era ini, diperlukan sumber daya penegak hukum yang profesional serta kerja sama antar berbagai pemangku kepentingan.

Para peserta didik sebagai garda terdepan pengemban fungsi penegakan hukum, mampu untuk melakukan terobosan – terobosan kreatif sejak proses penerimaan laporan, sampai pada penyerahan berkas perkara kepada penuntut umum, dengan tetap mempedomani prinsip-prinsip profesionalisme serta senantiasa menghormati dan menjunjung tinggi hak azasi manusia.

Pendidikan dan pelatihan ini, merupakan salah satu pilar utama guna meningkatkan kompetensi para peserta didik dalam upaya pengembangan diri, penambahan wawasan dan ilmu pengetahuan serta keterampilan di bidang penyelidikan dan penyidikan agar mampu menangani setiap tindak pidana yang terjadi secara profesional dan porposional transparan dan akuntabel.

Selama dua bulan ini para peserta akan dididik dan dilatih di diklat reserse agar dapat menjadi penyidik-penyidik pegawai negeri sipil yang mahir,  pada kesempatan yang baik ini saya menyampaikan selamat mengikuti pendidikan dan pelatihan kepada para peserta didik, saya berharap agar seluruh peserta dapat segera menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar dan senantiasa mematuhi serta mentaati semua ketentuan yang berlaku di lingkungan diklat reserse dan dapat memanfaatkan waktu dikbangspes yang relatif singkat ini untuk belajar, berlatih dan mengembangkan kemampuan diri, dengan penuh kesungguhan.

Ciptakan suasana kebersamaan diantara peserta didik, serta jalin kerja sama dengan semua komponen pendidikan di diklat reserse ini, dengan demikian diharapkan seluruh peserta didik dapat mengikuti dan meyelesaikan seluruh proses pembelajaran dan pelatihan ini dengan baik.

Kadiklat reserse juga mengingatkan kembali kepada para peserta didik untuk senantiasa mematuhi protokol kesehatan covid-19 yang telah ditetapkan dengan tetap waspada dan tidak panik, selalu menggunakan masker dan face shield yang telah didistribusikan, menjaga jarak pada aktifitas sehari hari, serta mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan kegiatan. 

Penulis : Her

sumber : Ronald S

Share:

No comments:

Post a Comment

Artikel

Labels

Budaya (14) ekonomi (3) Kesehatan (13) Organisasi (145) Pemerintahan (88) Pendidikan (129) politik (72) Polri/TNI (6) sosial (106) Sumatera Utara (29)

Blog Archive