-->

Pelaksanaan ANBK Tahun 2022 Di SMK Negeri 1 Air Putih Berlangsung Dengan Aman dan Lancar

 


Batubara, Perisainusantara.com|- Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) adalah sebagai kegiatan penggan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Kegiatan ANBK gelombang I untuk SMA dan SMK sederajat dilaksanakan pada tanggal 29 s.d 30 Agustus 2022.


Kepala SMK Negeri 1 Air Putih Sulistio, S.Pd menjelaskan kepada awak media Perisainusantara.com bahwa "Pelaksanaan ANBK tahun 2022 bertujuan sebagai program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses, dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan".

"Dalam pelaksanaannya ANBK dapat dilakukan secara online dan semi online, dengan 3 (tiga) instrumen penilaian yang diujikan sebagai bagian evaluasi dari pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia" Lanjut Sulistio. 


"Ketiga instrumen itu adalah Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur literasi membaca (Literasi) dan matematika (numerasi). Kedua tentang survei Karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter murid. Serta yang ketiga adalah Survei Lingkungan Belajar yang mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan" Tutup sulistio. 


Syukriah, M.Pd selaku Wakasek bidang kurikulum juga sebagai Ketua Panitia ANBK menambahkan "pelaksanaan ANBK SMK Negeri 1 Air Putih dilaksanakan pada gelombang I tanggal 29 dan 30 agustus 2022, serta pada hari senin tgl 29 agustus 2022 dengan materi literasi dan survei karakter. Kemudian pada  hari kedua selasa 30 agustus 2022 dengan materi numerasi dan survei lingkungan belajar".

"Jumlah peserta utama yang mengikuti kegiatan ANBK sebanyak 45 siswa dan jumlah peserta cadangan sebanyak 5 siswa, dengan menggunakan 3 server pada 3 lab komputer dalam pelaksanaannya" Lanjut syukriah. 

"Sebelum pelaksanaan ANBK berlangsung, SMK Negeri 1 Air Putih telah melakukan tahapan yang dipersyaratkan Kemendikbudtistek yaitu simulasi gladi bersih, dan sinkronisasi" Tutup Syukriah, M.Pd.


Penulis: Yusri Bajang

Share:

No comments:

Post a Comment

Artikel

Labels

Budaya (16) ekonomi (3) Kesehatan (13) Organisasi (158) Pemerintahan (96) Pendidikan (135) politik (88) Polri/TNI (6) sosial (107) Sumatera Utara (29)

Blog Archive