-->

Deklarasi Melayu Bertuah Negeri Kuala Tanjung

Batu Bara, Sumut, Perisainusantara.com| Melayu Bertuah Negeri kuala Tanjung adalah gabungan dari Tiga desa yaitu: Desa Kuala Tanjung, Desa Kuala Indah dan desa Lalang. Hari ini MB di Deklarasikan di Dsn 4 Permai Desa Kuala Tanjung, Kec Sei Suka, Kab.Batu Bara. Kamis 11/08/2022.

MB yang diketua Datok Sri Matsyah, Sekjend Tuan Lukmanuddin ST, dan  Bendahara Tuan Afandi. Dalam Deklarasi MB turut di Ikrarkan Sumpah Melayu Bertuah yang di Komandoi Datok Sri Matsyah yang berbunyi: 

Ikrar Melayu Bertuah:

1.Bertakwa kepada Allah SWT serta patuh kepada Pancasil dan UUD 1945

2. Menjaga dan menjunjung tinggi harkat dan martabat, serta adat Istiadat suku Sakat Melayu

3. Bersama suku sakat Melayu adalah pemilik Negeri Kuala Tanjung 

4. Siap menjaga kerukunan antar suku dan agama

5. Satu Hati, Satu Rasa, Satu Titah.

Kemudian turut di bacakan amaran kepada penduduk Negeri yang dibacakan Panglima Ahmad Guntur yang berbunyi :

"Wahai penduduk Negeri dengarkan amaran dari Datok Sri, kami tidak mengenal rasa kebencian dan kami tidak mengenal rasa dendam, yang kami tau kami menjaga harkat dan martabat wangsa Melayu, jika kalian lapar carilah makan di negeri kami sekenyang kenyangnya, injaklah tanah kami seluas luasnya jika panas dan hujan berteduhlah dilangit Melayu kami, namun jika  jika kalian  menghina harkat martabat wangsa Melayu kami ini, maka kami ingatkan  matahari esok akan gelap bagi kalian".

Dalam Deklarasi MB ini juga sekaligus Penambalan nama dari ketua MB secara adat Melayu yaitu : Matsyah menjadi Datok Sri Matsyah, dan gelar Datok Sri Resmi hari Nobatkan.

Datok Sri Matsyah mengatakan "Adapun Motivasi MB kedepannya adalah: menjaga Harkat dan Martabat wangsa Melayu suku Sakat, khususnya di Negeri Kuala Tanjung ini, dan Target MB salah satunya menciptakan kenyamanan, khusunya suku sakat Melayu dan menjadi tuan rumah di Negeri sendiri. 

Lanjut Datok Sri Matsyah "sebagaimana  pepetah mengatakan dimana bumi di pijak disitu langit di junjung". Dengan adanya Melayu Bertuah agar perusahaan sekitar Kuala Tanjung ini lebih bijak dan lebih arif lagi memandang anak-anak tempatan khususnya anak Melayu Negeri Kuala Tanjung. Semoga MB ini bisa berkembang hingga pelosok Kab. Batu Bara. Tutup Datok.

Turut hadir para undangan dalam acara Deklarasi yaitu: Datok Sri H Zainal Alwi (MABMI), Renold Asmara.AP.SH (Asisten 3 Bupati), J Damanik (Perwakilan) PT.Inalum , Sumiko (Wilmar), Sulistio S.Pd (Ketua MKKS SMK Batu Bara). Ustadz Hadian (DPRD Sumut), Ahmad Muktas (DPRD Batu Bara).

Deklarasi  berjalan lancar hingga akhir acara dan tidak ada suatu kendala apapun.

Bajang/Red.

Share:

No comments:

Post a Comment

Artikel

Labels

Budaya (16) ekonomi (3) Kesehatan (13) Organisasi (172) Pemerintahan (99) Pendidikan (136) politik (89) Polri/TNI (6) sosial (107) Sumatera Utara (29)

Blog Archive