-->

Cegah Dini Karhutla di Batu Bara, dan Peta Kesadaran Masyarakat

Cegah Dini KarHutla di Batu Bara Dan Peta Kesadaran Masyarakat.

(Irwansyah, Ketua Sektor Pokdar Batu Bara) 

BATU BARA - SUMUT - Perisainusantara.com

Oleh Irwansyah Nst

Baru saja saya ikuti rapat koordinasi siaga Bencana selaku ketua Resor Pokdar Kamtibmas Batu Bara  di Markas Kepolisian Batu Bara  bersama unsur Pemerintahan dan elemen Organisasi taktis kebencanaan Kabupaten Batu Bara yang dapat saya rangkum dalam tulisan pendek ini.

Bakar hutan untuk membuka Lahan tanam baik itu dilakukan masyarakat maupun  perusahaan swasta tanpa kontrol  merupakan  cara berbahaya dan mengganggu ketertiban umum terutama ancaman polusi udara .

Pembakaran hutan atau hutan  terbakar (KarHutla) disamping  meresahkan keamanan nasional juga masyarakat dunia karena polusi udara  menyebar kemana mana

Langkah cepat Kapolres Batu Bara AKBP.Jose Fernandes, SIK , lakukan Apel Cegah Dini Siaga Bencana KarHutla , patut didukung penuh terutama kalangan masyarakat maupun pihak perusahaan  swasta di kabupaten BatuBara menyadari bahwa Costnya terlalu mahal untuk ditanggung semua pihak akibat dampak pembakaran hutan maupun  lahan  baik secara moril maupun materil 

Sebagai masyarakat dunia kita dapat dikecam berbagai  negara lain yang terdampak polusi  tidak punya kesadaran Responesible lingkungan hidup apalagi secara materil nilai kesehatan terpapar penyakit pernapasan akibat polusi udara 

Biaya akibat Kebakaran itu terlalu  besar kita  tanggung terutama  biaya kesehatan langsung maupun konvensasi kerugian bila ada tuntutan ganti rugi pada pemerintah maupun perusahaan swasta pelaku individu akibat kelalaian  baik jangka pendek maupun panjang.

Pandangan ini bukanlah sekedar teori namun telah terbukti pemerintah Indonesia harus membayar konvensasi tersebut beberapa tahun yang lalu pada pihak yang dirugikan dari negara tetangga kawasan Asia tenggara jadi cemoohan yang dapat memalukan kita sebagai warga negara Indonesia .

Bagaimana KarHutla  kabupaten Batubara ? sebuah pertanyaan menantang Questiontag?.

Sudahkah Masyarakat punya kesadaran kolektif tentang KarHutla?

Meski dalam posisi zero bencana KarHutla namun ancaman itu selalu ada bila tidak diwaspadai.

Bagaimana kita menyikapinya ? Apa bentuk tindakan preventif dini ?semua itu menjadi hal menarik untuk di sosialisasikan. 

Satu hal yang perlu kita sadari bahwa pemerintah telah melakukan pengawasan ketat terhadap pemantauan titik api melalui satelit , sekecil apapun titik api yang muncul akibat kebakaran semuanya tercover dengan baik oleh Citra satelit dan semuanya terintegrasi dengan aplikasi yang ada pada Polri 

Atas laporan dugaan KarHutla tersebut sehingga bagi pihak yang sengaja membakar lahan tanpa koordinasi dengan pemerintah maupun kepolisian Batubara  bisa ditindak secara hukum demi mencegah efek kerugian yang lebih besar keselamatan umum.

Menyikapi soal KarHutla ini memang diperlukan kesadaran dan kearifan semua pihak ancaman laten tersembunyi kapanpun dan dimanapun titik api itu muncul di Batu Bara 

Satu contoh rumah penduduk yang diawasi dan ditempati pun  juga bisa terbakar apalagi hutan dan lahan yang luas apalagi musim kering disengaja maupun tanpa disengaja  semuanya rawan menimbulkan titik api baru bila tidak diwaspadai.

Langkah penting Dini  yang bisa kita lakukan Soal KarHutla  tak lepas dari perbanyak sosialisasi pada kelompok masyarakat di Desa maupun disusun juga para pihak Swasta yang.memiliki lahan perkebunan agar mereka jadi bagian kelompok sadar waspada  Karhutla  

Bagian dari upaya ketertiban dan keamanan kolektif yang dibangun bersama Pemerintahan Batu Bara dan unsur kepolisian dan organisasi kemasyarakat .

Apakah kita ingin jadi bagian pahlawan maupun relawan KarHutladi Batubara ? Semuanya ada pada kesadaran kolektif kita.


Pengamat sosial

Ketua Pokdar Kamtibmas Bhayangkara BatuBara.

Share:

No comments:

Post a Comment

Artikel

Labels

Budaya (15) ekonomi (3) Kesehatan (13) Organisasi (153) Pemerintahan (93) Pendidikan (132) politik (86) Polri/TNI (6) sosial (106) Sumatera Utara (29)

Blog Archive