-->

"Inovasi Menarik dari Bhabinkamtibmas Polres Batu Bara Dalam Penanggulangan Karhutla"

"Inovasi Menarik dari Bhabinkamtibmas Polres Batu Bara Dalam Penanggulangan Karhutla"


BATU BARA- Perisainusantara.com 

Dalam menghadapi potensi bahaya kebakaran hutan dan lahan yang meningkat akibat cuaca ekstrem, personil Bhabinkamtibmas Polres Batu Bara tidak tinggal diam. 

Mereka memperkenalkan inovasi unik berupa alat penghisap air yang terhubung dengan mesin sepeda motor melalui magnet. 

Inovasi tersebut, yang dipraktikkan oleh Aipda Sarwedi dari Polsek Lima Puluh, telah berhasil dikembangkan dan diuji coba pada hari Selasa, 02 April 2024, di dekat Mapolsek Lima Puluh, Kabupaten Batubara, Provinsi Sumatra Utara.

Alat yang dimodifikasi, menyerupai sarang keong dengan sistem saluran air masuk dan keluar, menjadi solusi cerdas dalam mengatasi kebakaran. 

Dengan menggunakan magnet pada mesin sp. Motor, alat ini mampu mengisap dan menghantar air untuk memadamkan api, menjadikannya sebagai perangkat vital dalam upaya pencegahan Karhutla.

AKP A.H., Sagala dari Kasi Humas Polres Batu Bara menyatakan komitmennya untuk memaksimalkan dan memasyarakatkan inovasi ini. 

Sambil menghimbau masyarakat agar tidak membakar lahan secara sembarangan, dia juga menegaskan bahwa tindakan membakar lahan adalah tidak dibenarkan dan dapat diproses hukum.

"Kita harus menjaga lahan kita agar tidak terbakar. Dampaknya tidak hanya pada kesehatan masyarakat dan lingkungan sekitar, tetapi juga pada keberlangsungan flora dan fauna yang hidup di sana," tandasnya.

Dengan langkah proaktif dan inovatif ini, Bhabinkamtibmas Polres Batu Bara menunjukkan komitmen mereka dalam menjaga keamanan dan kesejahteraan masyarakat serta pelestarian lingkungan. Pungkasnya.

(wellas)

Share:

No comments:

Post a Comment

Artikel

Labels

Budaya (14) ekonomi (3) Kesehatan (13) Organisasi (145) Pemerintahan (88) Pendidikan (129) politik (72) Polri/TNI (6) sosial (106) Sumatera Utara (29)

Blog Archive