-->

Patroli Personil Satuan Samapta Polres Batu Bara Gencarkan Upaya Cegah Kejahatan Jalanan

Patroli Personil Satuan Samapta Polres Batu Bara Gencarkan Upaya Cegah Kejahatan Jalanan



BATU BARA - Perisainusantara.com 

Pada Jumat, 26 April 2024, pukul 21.00 WIB, Satuan Samapta Polres Batu Bara menggelar patroli kota dan melakukan pengumuman publik guna meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat. 



Dalam upaya pencegahan kasus kejahatan jalanan, seperti curas, curat, curanmor, serta premanisme, personil yang terlibat dalam kegiatan ini terdiri dari 3 anggota dengan menggunakan 1 unit kendaraan patroli.

Dengan mengacu pada Undang-undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia dan Peraturan Kabaharkam Polri Nomor 1 Tahun 2017 tentang Patroli, maka Patroli dilaksanakan di sepanjang Jalinsum Limapuluh, khususnya area jalan lintasan  Medan - Kisaran.

Kegiatan patroli dilakukan dengan melakukan patroli mobile dan dialogis, serta melakukan penjagaan di sepanjang rute patroli untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan jalanan. 

Masyarakat juga diberikan edukasi dan pesan-pesan kamtibmas untuk meningkatkan kesadaran akan keamanan dalam beraktivitas sehari-hari.

Selain itu, melalui pengeras suara kendaraan patroli, himbauan dan langkah pencegahan disampaikan kepada masyarakat yang sedang beraktivitas agar tidak memberi ruang dan kesempatan bagi pelaku tindak kejahatan.

Hasil dari kegiatan patroli ini menunjukkan adanya dialog positif dengan masyarakat untuk bersama-sama mencegah terjadinya tindak kejahatan. 

Teguran diberikan kepada masyarakat yang melanggar aturan lalu lintas, sementara kesadaran akan pentingnya keselamatan jiwa, harta benda, dan kendaraan semakin meningkat di kalangan warga.

Upaya ini juga berhasil mempersempit ruang gerak para pelaku tindak kejahatan jalanan. Selain itu, masyarakat yang beraktivitas di malam hari merasa lebih aman dan meminta agar patroli dan penjagaan terhadap kegiatan malam hari tetap dilakukan.

Demikianlah upaya yang dilakukan oleh Satuan Samapta Polres Batu Bara dalam mengamankan dan menjaga ketertiban masyarakat, sebagai bagian dari komitmen Polri dalam menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif. Pungkas Kasat Samapta Polres Batu Bara, AKP Juni Hendrianto SH. MH

(wellas)

Share:

No comments:

Post a Comment

Artikel

Labels

Budaya (15) ekonomi (3) Kesehatan (13) Organisasi (154) Pemerintahan (93) Pendidikan (132) politik (86) Polri/TNI (6) sosial (106) Sumatera Utara (29)

Blog Archive