-->

Punggahan di Desa Seisuka Deras Dalam Rangka Selamat Datang Bulan Suci Ramadhan

Batu Bara, Sumut, Petisainusantara.com,| Istilah punggahan berasal dari bahasa jawa yang berarti naik. Maksudnya bahwa, masuknya bulan suci ramadhan perlu disambut dengan iman yang harus di tingkatkan lagi.

Punggahan ini bertujuan untuk mengingatkan para umat muslimin bahwa ramadham akan segera tiba.

Di Dusun Sawo 7 Desa Saisuka Deras, Kec. Seisuka, Kab. Batu Bara juga melakukan punggahan. Acara Punggahan ini berlangsung meriah, dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan,  selasa 29/03/2022.


Tradisi punggahan di desa ini ternyata sudah di lakukan  dari dahulu, turun temurun sejak puluhan tahun yang lalu. Tujuan punggahan ini adalah guna mempererat silaturrahmi antar warga desa Seisuka Deras dan saling berbagi rezeki berbentuk makanan dari warga untuk warga.

Tampak hadir dalam acara punggahan yaitu, Pemuka Masyarakat, Pemuka Agama, penduduk  desa Seisuka Deras dan hadir juga Kepala Desa Saisuka Deras bapak Ponimin.

Dalam acara Punggahan tersebut Ponimin memberikan kata sambutan "Harapan agar punggahan ini tetap berjalan setiap tahunnya  demi terjalinnya silaturrahmi antar warga, semoga punggahan ini diberkahi dan bagi yang menjalankan ibadah puasa nantinya kuat dalam menjalankannya",  Ucapnya.


Sambung ponimin "Dalam acara punggahan ini adalah momen kita bisa berkumpul, bisa saling kenal karna selama ini kita semua sibuk dalam beraktivitas, saling bengisi, saling memberi bagi yang ada rezekinya, kami berharap agar acara ini tetap berlanjut setiap tahunnya".Tutupnya.

Kemudian tidak luput juga acara punggahan ditutup dengan doa yang dibawakan oleh salah seorang pemuka agama, semoga bulan suci Ramadhan yang dalam waktu dekat akan tiba bagi umat Islam, semoga kuat dalam menjalankannya. Red


Share:

No comments:

Post a Comment

Artikel

Labels

Budaya (15) ekonomi (3) Kesehatan (13) Organisasi (157) Pemerintahan (94) Pendidikan (133) politik (87) Polri/TNI (6) sosial (106) Sumatera Utara (29)

Blog Archive