-->

RKDD GELAR SOSIALISASI

Batu Bara, perisainusantara.com

Ruang Komunitas digital desa (RKDD) Desa Sei Suka Deras, Kecamatan Sei Suka, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara, menggelar sosialisasi perpustakaan digital untuk literasi digital. Sosialisasi tersebut digelar di Balai Desa Sei Suka Deras pada Kamis (30/11/2023). 

Duta Digital Kabupaten Batu Bara, Aditia, menerangkan kegiatan ini digelar untuk peningkatan kemampuan masyarakat, khususnya di literasi digital.

"Ini kegiatan pertama yang kita buat setelah realisasi dari pusat, harapannya kegiatan yang lain cepat menyusul," ucap, Aditia selaku Duta Digital untuk desa Sei Suka Deras, dalam kegiatan tersebut.

Sosialisasi tersebut diikuti oleh sekitar 25 orang masyarakat Desa Sei Suka Deras, baik dari kalangan pelajar, maupun masyarakat umum. Dalam sosialisasi tersebut, RKDD Sei Suka Deras menjelaskan tentang manfaat dan cara menggunakan perpustakaan digital.

RKDD Sei Suka Deras menghadirkan sudara Fadli, M.Si sebagai nara sumber dalam kegiatan ini, "Perpustakaan digital dapat menjadi sarana untuk meningkatkan literasi digital masyarakat. Dengan membaca buku digital, masyarakat dapat memperoleh pengetahuan dan informasi yang dibutuhkan," kata Fadli.

Fadli mengatakan, sosialisasi perpustakaan digital ini dapat meningkatkan minat baca masyarakat Desa Sei Suka Deras. Selain itu, diharapkan juga dapat meningkatkan literasi digital masyarakat sehingga dapat memanfaatkan teknologi digital secara positif.

Dalam sosialisasi tersebut, peserta juga diajak untuk praktik menggunakan perpustakaan digital. Peserta diajarkan cara mencari buku, mengunduh buku, dan membaca buku digital.

Setelah mengikuti sosialisasi tersebut, peserta mengaku mendapat banyak pengetahuan baru tentang perpustakaan digital. Peserta juga mengaku tertarik untuk memanfaatkan perpustakaan digital untuk meningkatkan pengetahuan dan literasi digital mereka.

"Saya baru tahu tentang perpustakaan digital. Ternyata perpustakaan digital sangat bermanfaat untuk meningkatkan literasi digital," kata salah seorang peserta sosialisasi, Ilham.

"Saya akan coba manfaatkan perpustakaan digital untuk belajar. Saya ingin menambah pengetahuan dan meningkatkan literasi digital saya terutama karna saya masih pelajar," kata peserta lainnya, Anjeng.

RKDD Sei Suka Deras berharap, sosialisasi perpustakaan digital ini dapat menjadi langkah awal untuk meningkatkan literasi digital masyarakat Desa Sei Suka Deras. RKDD Sei Suka Deras akan terus berupaya untuk memberikan berbagai kegiatan literasi digital kepada masyarakat.saat ini dunia telah memiliki ruangnya sendiri,  Jika dulu membaca bukuanya berjualan lapak atau di toko, namun sekarang sudah merambah ke dunia maya.

Kedepan pihaknya bakal terus melakukan pelatihan-pelatihan yang berkaitan dengan peningkatan kapasitas, seperti bidang ekonomi, bidang kesehatan dan lain sebagainya.

Penulis : Suherman

Share:

No comments:

Post a Comment

Artikel

Labels

Budaya (15) ekonomi (3) Kesehatan (13) Organisasi (158) Pemerintahan (94) Pendidikan (135) politik (87) Polri/TNI (6) sosial (107) Sumatera Utara (29)

Blog Archive