-->

Tangki Limbah Pabrik Tapioka jebol, KOPPLING minta Dinas Lingkungan Hidup dan APH segel PT.SBGE

Batu Bara, Perisainusantara.com

Komunitas Pemuda Peduli Lingkungan Batu Bara (KOPPLING) meminta Dinas Lingkungan Hidup Batu Bara dan Kapolres Batu bara untuk menyegel PT.Sei Balai Gren Energy yang berada di Kecamatan Sei balai, Kabupaten Batubara. dikarenakan jebolnya tangki biogas Pt.SBGE yang meluap hingga ke sawah warga.

Ketua KOPPLING Muhammad Farhan menjelaskan bahwa terdapat limbah berwarna coklat pekat kehitaman yang berasal dari Pabrik pengolahan tepung tapioka atau PT.SBGE yang meluap hingga kejalan dan persawahan warga.

“Yang kita khawatirkan nantinya luapan limbah PT.SBGE tidak hanya meluap ke jalan dan kesawah warga, namun juga mengalir dan mencemari Air Sumur Warga” ucap Muhammad Farhan.

Muhammad Farhan menyebutkan berdasarkan investigasi kami kelapangan terdapat berkisar belasan Ha ladang padi warga yang terancam gagal panen akibat luapan Limbah PT.SBGE yang mengalir sepanjang persawahan warga. Dan Dalam kasus ini mungkin bukan sekali dua kali terjadi.

“kami meminta kepada Dinas terkait dan penegak Hukum untuk menyegel atau menutup sementara Pt. SBGE sampai mereka membenahi sarana limbahnya. Dan tentu ganti rugi dan pemulihan lahan warga yang terdampak limbah” pungkas Farhan yang juga Mahasiswa Aktif UMSU.

Disamping itu Nazli Aulia S.H yang juga merupakan Tokoh Pemuda Kabupaten Batu bara turut serta berkomentar atas kejadian ini. Nazli Aulia meminta kepada Kapolres Batu bara untuk segera menyelidiki penyebab tabung biogas PT.SBGE yang meledak. Karena sampai pada saat ini tidak ada nya tanda yang garis polisi yang berada di sekitar Pabrik. 

“Aneh terasa jika Kepolisian tidak mengetahui insiden tersebut, jadi kami segera meminta pihak kepolisian resor Batu Bara untuk segera menyelidiki penyebab meledaknya tabung biogas yang berukuran besar itu. Ataukah kelebihan baku mutu atau hal lainnya” ucap Nazli Aulia.

Penulis: Yusribajang

Kontributor: Syafii

Share:

No comments:

Post a Comment

Artikel

Labels

Budaya (14) ekonomi (3) Kesehatan (13) Organisasi (145) Pemerintahan (88) Pendidikan (129) politik (72) Polri/TNI (6) sosial (106) Sumatera Utara (29)

Blog Archive