-->

Ops Lilin Musi 2023, 120 Personil Gabungan di Kerahkan

Ops Lilin Musi 2023, 120 Personel Gabungan Di kerahkan


MUSI RAWAS - Perisainusantara.com

Polres Mura beserta Kodim 0406 Lubuk linggau, Sentra Komunikasi (Senkom) Mitra Polri dan Pemda Mura meliputi Sat Pol PP Damkar, Dishub, Dinkes, mensiagakan 120 personel dan tiga Pos, dalam menyambut Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

Pernyataan tersebut diutarakan oleh, Kapolres Mura, AKBP Danu Agus Purnomo SIK, MH, melalui Wakapolres Mura, Kompol Harsono SH, didampingi Kabag Ops, AKP Toni Saputra SIK dan perwakilan Kapten Inf Ajun Taufik, Heriyanto, Tri Wahyudi, M Abdul Halim.

Hal itu disampaikan, orang nomor dua di Mapolres Mura, usai melaksanakan Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Musi 2023, "Dalam Rangka Pengamanan Hari Raya Natal Tahun 2023 dan Tahun Baru 2024", dihalaman Apel Mapolres Mura, sekitar pukul 08.30 WIB, Kamis (21/12/2023).

Wakapolres Mura, Kompol Harsono SH, mengatakan hari ini kami Polres Mura, bersama Kodim 0406 Lubuk linggau, Senkom Mitra Polri dan Pemda Mura meliputi Sat Pol PP Damkar, Dishub, Dinkes, melaksanakan Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Musi 2023, "Dalam Rangka Pengamanan Hari Raya Natal Tahun 2023 dan Tahun Baru 2024".

"Operasi Lilin Musi 2023, dilaksakan lebih kurang dua minggu dimulai pada, Jumat (22/12/2023), hingga Selasa (2/1/2024)," kata Wakapolres

Wakapolres menjelaskan, untuk menciptakan situasi yang aman, damai dan kondusif, Polres Mura beserta pihak terkait, telah mendirikan sekaligus menyediakan tiga pos diantaranya satu pos pelayanan dan dua pos pengamanan.

Pos Pelayanan berada di Bundaran Agropolitan Center Pemkab Mura, Kecamatan Muara Beliti, Pos Pengamanan berada di Desa G1 Mataram, Kecamatan Tugumulyo, tepatnya di depan Gereja Santa Maria dan satu Pos Pengamanan lainya dirikan diarea SPBU Bukit Beton, Kecamatan STL Ulu Terawas, Kabupaten Mura.

"Kami menggerakkan 120 personel gabungan meliputi Polres Mura, Kodim 0406 Lubuk linggau, Senkom Mitra Polri dan Pemda Mura terdiri dari Sat Pol PP Damkar, Dishub, Dinkes, saat pelaksanaan Operasi Lilin Musi 2023," jelasnya.

Lebih lanjut, Wakapolres menghimbau, kepada masyarakat yang memperingati nataru kiranya untuk bersama-sama menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), yang kondusif serta saling bertoleransi antara umat beragama.

Kemudian, bagi pemudik atau melakukan liburan dan berjalanan luar kota, kiranya untuk lebih waspada dan menjaga benda/barang berharga yang akan ditinggalkan, dan melapor kepada keamanan setempat apabila hendak berpergian.

"Dan, jangan euforia (gembira yang berlebihan), dalam menyambut pergantian malam tahun baru 2024, takutnya akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," ucap perwira berpangkat melati satu ini

Sementara itu, Kabag Ops, AKP Tony Saputra SIK, mengatakan mengenai mekanisme dilapangan khususnya disetiap pos, bahwa akan dibagi personel dengan jumlah diantaranya, personel Polres Mura 10 personel, Kodim 0406 Lubuklinggau 10 personel, Senkom Mitra Polri 10 personel, Sat Pol PP Damkar 10 personel, Dishub 10 personel dan Dinkes 8 personel.

"Dan, nantinya akan dibagi ataupun bergilir secara bergantian. Pastinya, saat pelaksanaan Operasi Lilin Musi 2023, akan ada personel yang standby/disiagakan," kata Kabag Ops

Kabag Ops menjelaskan, selain itu juga akan memperketat penjagaan digereja-gereja seperti di Gereja Santa Maria di Desa G1 Mataram, Kecamatan Tugumulyo, akan menempatkan/siagakan personel.

Selain itu juga akan berkoodinasi dengan pendeta agar dilakukan pemeriksaan yang melakukan ibadah digereja serta kiranya untuk tidak berlebihan membawa barang berharga/perhiasaan.

"Hal ini bertujuan agar saudara kita yang melaksanakan ibadah perayaan natal merasa aman dan kondusif," ucap AKP Tony.

Selain itu, Kabag Ops juga menambahkan, selain mendirikan tiga pos pelayanan dan pengamanan, serta mensiagakan personil di tiga pos dan standbykan personil di setiap gereja.

Kantor KPU dan Kantor Bawaslu Mura serta Gudang Logistik, juga tidak akan lolos dilakukan pengamanan dan penjagaan, tetap dilakukan pengaman dengan menyiagakan personel.

"Terbukti, sampai saat ini, personel terus gencar melakukan Patroli Dialogis, baik di Kantor KPU dan Kantor Bawaslu Mura serta Gudang Logistik, sehingga tetap aman dan kondusif," tuturnya.

Diketahui, saat memimpin apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2023, Wakapolres Mura, Kompol Harsono SH, menyampaikan arahannya, Kapolri, Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo M.Si, apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personil maupun sarpras yang akan digunakan selama pelaksanaan operasi sehingga diharapkan seluruh kegiatan pengamanan perayaan natal 2023 serta tahun baru 2024 nataru dapat berjalan dengan optimal.

Pengamanan atau merupakan tugas rutin yang harus kita pastikan berjalan dengan aman nyaman dan lancar sebagaimana penekanan dari bapak Presiden Joko Widodo, bahwa Natal dan tahun baru ini rutinitas tetapi apapun tetap harus direncanakan harus dipersiapkan utamanya yang berkaitan dengan transportasi pasokan dan distribusi bahan pokok

Hal tersebut penting karena momentum taruh telah menjadi bagian tradisi masyarakat Indonesia yang berimplikasi terhadap Meningkatkan mobilitas masyarakat berdasarkan survei kemenhub RI potensi pergerakan masyarakat pada Natal 2023 dan tahun baru 2024 diperkirakan mencapai 107,63 juta orang meningkatkan sebesar 143.65% atau 63, 46 juta orang dibandingkan tahun sebelumnya.

Selain itu perayaan nataru tahun ini juga bertepatan dengan masa kampanye pemilu 2024 sehingga memiliki potensi kerawanan yang lebih tinggi.

Oleh sebab itu dalam rangka pengamanan atau Polri didukung TNI Pemda mitrakamtibmas dan stakeholder terkait menggelar operasi kepolisian terpusat dengan sandi operasi lilin 2023 selama 12 hari Mulai tanggal 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024.

Operasi ini melibatkan 129.923 personil yang terdiri dari TNI Polri serta stakeholder terkait lainnya yang ditempatkan pada 1.668 pos pengamanan, 670 pos pelayanan dan 113 pos terpadu untuk menjamin keamanan 49.676 objek pengamatan.

Pada nataru tahun ini Polri dan stakeholder terkait telah memetakan permasalahan kamseltibcar lantas dan kamtibmas yang harus diwaspadai.

 Pada sisi kamseltibcar lantas, Polri bersama stakeholder terkait telah menerbitkan SKB yang membuat tentang pembatasan operasional angkutan barang penerapan rekayasa lalu lintas pengendalian arus lalu lintas penyeberangan laut dan penundaan perjalanan tentunya SKB ini harus dapat dipahami dan diimplementasikan secara tepat di lapangan.

Khusus pada lokasi dan jalur menuju objek wisata jangan sampai terjadi kemacetan sediakan kantong parkir yang memadai pengaturan jalur keluar masuk dan pengaturan lokasi pedagang agar masyarakat dapat berwisata dengan nyaman

Dalam rangka mengantisipasi kepadatan penumpangan pada titik pelayanan moda transportasi umum melakukan pengaturan jadwal keberangkatan dorong pembelian tiket secara online dan pengaturan arus keluar masuk bersama dengan stakeholder terkait Selain itu laksanakan patroli jalan kaki guna mencegah terjadinya kejahatan.

Selanjutnya pada sisi Kamtibmas untuk menjamin pelaksanaan ibadah Natal berlangsung dengan aman dan hikmat pastikan setiap lokasi ibadah sudah disterilisasi dan libatkan ormas-ormas keagamaan dalam kegiatan pengamanan sebagai wujud toleransi beragama dan pastikan kehadiran negara pada setiap kegiatan ibadah masyarakat

Ancaman terorisme juga menjadi tantangan yang serius untuk itu kedepankan deteksi dini dan preventif strike untuk mencegah pelaku teror melancarkan aksinya serta lakukan penjagaan ketat pada pusat keramaian maupun tempat ibadah agar kita dapat memastikan tidak ada letupan sekecil apapun dalam pelaksanaan ibadah Natal ataupun malam pergantian tahun.

Pada pengamanan perayaan malam tahun baru melakukan pengamanan pada setiap giat keramaian dengan maksimal terutama yang melibatkan masa dalam jumlah besar. Selain itu lakukan pengaturan lalu lintas dan pengamanan pada lokasi kegiatan secara humanis serta tingkatan pengawasan distribusi handal komersil maupun petasan agar kegiatan berjalan dengan aman

Kemudian guna mengantisipasi kejahatan konvensional lakukan patroli rutin pada objek vital pusat ekonomi dan wisata daerah rawan kejahatan serta pemukiman sosialisasi kepada masyarakat yang akan berpergian dalam waktu lama agar melapor kegiatan petugas setempat dan sediakan layanan penitipan kendaraan pada kantor-kantor kepolisian

Terkait bencana alam siapkan tim tanggap bencana rehabilitas dan sarpras pendukung pada jalur rawan longsor pelabuhan serta lokasi wisata alam tingkatkan juga edukasi kepada masyarakat dan koordinasi dengan BMKG untuk melakukan sosialisasi informasi cuaca sehingga kita mampu memberikan quick respon guna memitigasi dampak bencana

Selanjutnya yang tak kalah penting adalah lakukan monitoring ketersediaan pasukan dan fluktuasi harga Bapokting. Impor pelaku usaha agar tidak melakukan penimbunan untuk apabila diberlakukan lakukan secara prosedural, namun jangan sampai mengganggu distribusi dan ketersediaan pangan di lapangan. Begitu juga dengan BBM melakukan monitoring ketersediaan stok BBM dan berikan dukungan kepada Pertamina agar dapat melayani masyarakat dengan baik.

Dalam rangka mendukung kelancaran tugas pengamanan operasi lilin 2023, optimalkan fungsi command center yang dilengkapi berbagai fitur modern yang terintegrasi dengan CCTV di lapangan agar pengawasan dan pengambilan keputusan dapat dilakukan secara cepat dan tepat serta seluruh personil di lapangan dapat bekerja secara terpadu

Selain itu lakukan penguatan strategi komunikasi publik melalui berbagai saluran komunikasi yang ada sosialisasikan setiap kebijakan rekayasa lalu lintas maupun perubahan harus secara masif dan pastikan setiap informasi tersampai dengan baik agar masyarakat betul-betul membantu dengan informasi yang diberikan dan mendukung kelancaran operasi

Selanjutnya hal yang paling penting adalah terus tingkatkan sinergitas dan soliditas selama pelaksanaan tugas karena hal tersebut merupakan kunci utama keberhasilan operasi

Terakhir saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh personil pengamanan yang terdiri dari unsur TNI-Polri, Kementerian terkait BNPB, BMKG, Basarnas, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, BPJT, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan Mitra Kamtibmas lainnya, maupun seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam mendukung operasi lilin 2023

Kepada seluruh personil Saya berpesan agar senang biasa menjaga kesehatan jadikan pengamanan nataru sebagai sebuah kebanggaan dan niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ladang ibadah.(Bari)

Share:

No comments:

Post a Comment

Artikel

Labels

Budaya (14) ekonomi (3) Kesehatan (13) Organisasi (153) Pemerintahan (93) Pendidikan (132) politik (83) Polri/TNI (6) sosial (106) Sumatera Utara (29)

Blog Archive