-->

Proyek Drainase Jalinsum Desa Petatal ikut jadi Penyebab 3 Rumah Terendam Banjir

 


BATU BARA - Perisainusantara.com

"Banjir melanda Dusun VII Desa Petatal, Kecamatan Datuk Tanah Datar, Kabupaten Batu Bara, pada Senin, (4/12/2023). 

Tiga rumah warga terendam akibat hujan deras dan penyumbatan saluran air (dreinase) oleh sampah dan kayu. 

Suyetno (46), salah seorang warga yang terdampak banjir, menyatakan bahwa selain curah hujan tinggi, proyek drainase Jalinsum Desa Petatal juga menyebabkan 3 rumah warga terendam pada banjir tersebut.

Warga berusaha membersihkan dreinase dengan alat seadanya hingga malam Minggu, (3/12/2023). 

Mereka mengajukan permintaan kepada Pemerintah Daerah, terutama dinas terkait, untuk melakukan pengecekan dan pembersihan drainase yang telah dangkal dan penuh sampah. 

Ketinggian air hampir mencapai lutut orang dewasa, memicu kebutuhan solusi/pencegahan¹ agar kejadian serupa tidak terulang.

Camat Datuk Tanah Datar, Efendi, membenarkan kejadian banjir dan menyatakan bahwa mereka saat ini sedang membersihkan dreinase yang terlalu kecil untuk menampung debit air dari jalan Nasional, sehingga merendam tiga rumah warga. 

Ketinggian air, bahkan sampai merendam tempat tidur warga, diharapkan air akan surut dengan upaya pembersihan yang dilakukan."ungkap warga.

Share:

No comments:

Post a Comment

Artikel

Labels

Budaya (13) ekonomi (3) Kesehatan (13) Organisasi (139) Pemerintahan (83) Pendidikan (128) politik (72) Polri/TNI (6) sosial (102) Sumatera Utara (29)

Blog Archive