-->

Yayasan Cinta Lingkungan Hidup Lentera nusantara Tabur 10 Ribu Benih Patin di Sei Tanjung

 

Batu Bara, perisainusantara.com

Perikanan merupakan salah satu sektor penting dalam perekonomian Indonesia. Sektor ini memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pendapatan negara dan penyerapan tenaga kerja. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, sektor perikanan mengalami berbagai tantangan, salah satunya adalah penurunan jumlah ikan di perairan umum. Penurunan jumlah ikan ini disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain penangkapan ikan yang berlebihan, pencemaran air dan perubahan iklim. 

Untuk mengatasi tantangan tersebut, diperlukan upaya restoking ikan yaitu kegiatan penambahan stok ikan di perairan umum. Sesuai dengan maksud dan tujuan yakni melakukan upaya penanggulangan kerusakan ekosistem.

Ketua Lentera H. Muhammad Rafik didampingi Sekretaris Jimmy Purba dan Penasehat lentera Ustaz Saut Silalahi mengatakan, "Kami dari Lembaga Pecinta Lingkungan Hidup Nusantara Kabupaten Batubara  melaksanakan kegiatan Restokin Ikan di beberapa titik sungai diwilayah Kabupaten Batubara, program 1 juta benih ikan. 

" Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah ikan di perairan umum, sehingga dapat memenuhi kebutuh masyarakat akan ikan khususnya (Ikan Air Tawar)" Kata Rafik usai melaksanakan penaburan 10 ribu benih patin di alur sei Tanjung. Minggu (21/1/24). 

Dari kegiatan tersebut nantinya diharapkan mampu meningkatkan ketersediaan ikan untuk konsumsi masyarakat, meningkatkan pendapatan masyarakat nelayan, melestarikan sumber daya alam dan ekosistem lingkungan hidup.

Kendati demikian Rafik juga mengajak seluruh kalangan, untuk dapat bersama sama menjaga dari gangguan tangan jahil orang orang yang tidak bertanggung jawab. 

Sementara ulung yang juga nelayan warga disekitaran alur sungai sangat berterima kasih kepada ketua lentera peduli lingkungan atas perhatiannya dengan melakukan tabur benih ikan di alur ssungai tanjung. 

"Kami ucapkan terima kasih kepada teman teman lentera, kami juga berharap nantinya para aktifis peduli lingkungan ini juga melakukan sosialisasi kedesa desa, untuk dapat menjaga pelestarian dengan tidak merusak habitat ekosistim di alur sungai yang sudah dilakukan tabur benih, dengan cara memberikan himbauan dan larangan serta sangsi hukum bagi pelanggar melalui selebaran pengumuman" Harapnya. 

Lanjut Rafik Kegiatan tabur benih ikan ini akan dilaksanakan di perairan umum di wilayah Kabupaten Batubara meliputi: Danau Laut Tador, Sungai Suka, Sungai Alang Tahar, Sungai Tanjung, Sungai Dalu-dalu, Sungai Gambus, Sungai Lima Puluh, Sungai Selantik, Sungai Sei Petatal, Sungai Sei Bejangkar, Sungai Sei Balai, Sungai Bluru, Sungai Tanjung Tiram dan Waduk Tanjung Muda secara berkesinambungan,

Rafik juga mengucapkan terima kasih kepada PT Socfindo, Firma Hukum Zamal dan Kawan kawa Bapera Air putih, atas kerjasama dan perhatian sehingga tabur benih tahap pertama terselenggara susuai dengan rencana, tutupnya.

Share:

No comments:

Post a Comment

Artikel

Labels

Budaya (14) ekonomi (3) Kesehatan (13) Organisasi (153) Pemerintahan (93) Pendidikan (132) politik (83) Polri/TNI (6) sosial (106) Sumatera Utara (29)

Blog Archive