-->

Atasi 300 Ha Sawah Kekeringan, Distanbun dan Dinas PUTR turunkan Alat Berat

Atasi 300 Ha Sawah Kekeringan, Distanbun dan Dinas PUTR turunkan Alat Berat 



BATU BARA - Perisainusantara.com 

Dalam upaya penyelamatan tanaman padi sawah seluas 300 hektar yang hampir kekeringan di Kabupaten Batu Bara, 

Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) bekerja sama dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) turun tangan dengan menggunakan alat berat escavator untuk Pengerukan sediment (pendangkalan)

Hari itu juga setelah selesai dikeruk, air langsung masuk melalui intake (pintu air masuk) menuju saluran sekunder dan selanjutnya mengairi seluruh sawah yang terancam kekeringan di 6 desa. 

Penjelasan tersebut disampaikan Kadis Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Batu Bara Susilistiawati Ritonga melalui Kabid Hortikultura dan Sarpras Pertanian Distanbun Kabupaten Batu Bara Armen Syam, Kamis (25/01/2024). 

Pengerukan sepanjang 400 meter untuk mengatasi permasalahan akibat pecahnya tanggul sungai Dalu Dalu dan pendangkalan di hilir sungai. 

Setelah pengerukan selesai, air kembali mengalir dan menyelamatkan sawah-sawah di 6 desa yang terancam kekeringan. 

Meskipun sungai merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi, Distanbun dan PUTR Batu Bara merespon cepat setelah menerima informasi dari petani pada 23 Januari 2024. 

Kini, 300 hektar sawah sudah dapat dialiri air, menghindarkan potensi gagal panen di musim tanam berikutnya. 

Armen Syam dari Distanbun menyampaikan bahwa mereka telah menyurati Pemprov Sumatra Utara untuk mengambil langkah pencegahan lebih lanjut, termasuk normalisasi Sungai Dalu Dalu. Pungkasnya.

(wellas)


Share:

No comments:

Post a Comment

Artikel

Labels

Budaya (15) ekonomi (3) Kesehatan (13) Organisasi (158) Pemerintahan (94) Pendidikan (135) politik (87) Polri/TNI (6) sosial (107) Sumatera Utara (29)

Blog Archive