-->

Laksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, Kasek SMKN 1 AP Bacakan Naskah Pidato BPIP

Batubara, Perisainusantara.com

Media dan Informasi SMKN 1 Air Putih_ - SMK Negeri 1 Air Putih memperingati Hari Lahir Pancasila dengan melaksanakan upacara bendera Sabtu, 1 Juni 2024 dilapangan hijau sekolah. Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila kali ini dipimpin langsung oleh Kepala SMKN 1 Air Putih. Salah satu dari rangkaian acara dalam pelaksanaan upacara tersebut yang menjadi poin pentingnya yakni Bapak Sulistio, M.Pd yang akrab disebut dengan Kasek ini dalam amanatnya membacakan langsung naskah pidato dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Isi pidato tersebut mengingatkan kembali kepada kita semua tentang sejarah Bangsa kita yakni Bung Karno sebagai proklamator sekaligus Bapak Pendiri Bangsa dahulu pertama kali yang memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK).

Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengusung tema "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045". Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.


Jika dikutip pesan yang terkandung dari naskah pidato tersebut untuk anak Bangsa ialah pesatnya kemajuan teknologi informasi saat ini yang ditandai dengan masifnya penggunaan teknologi dan ponsel pintar (smartphone) dalam mengakses informasi melalui beragam media harus dapat dimanfaatkan secara bijaksana untuk menyiarkan konten-konten dan narasi positif yang mencerminkan aktualisasi nilai-nilai Pancasila di tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Oleh karenanya harapan ini juga kiranya dapat dilaksanakan oleh seluruh komponen bangsa untuk mengutamakan Pancasila dengan metode dan cara-cara kekinian dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa. Red

Share:

No comments:

Post a Comment

Artikel

Labels

Budaya (16) ekonomi (3) Kesehatan (13) Organisasi (158) Pemerintahan (96) Pendidikan (135) politik (88) Polri/TNI (6) sosial (107) Sumatera Utara (29)

Blog Archive