-->

Kapolres Batu Bara Gelar Rakor Lintas Agama

Kapolres Batu Bara Gelar Rakor Lintas Agama 


BATU BARA - SUMUT - Perisainusantara.com

Kapolrea Batu Bara AKBP Jose DC.Fernandes, S.I.K menggelar Rapat Koordinasi Lintas Agama di Aula Bhayangkari Polres Batu Bara Selasa pagi (06/12/2022)   

Hadir. Kapolres Batu Bara AKBP Jose D.C Fernandes, S.I.K , Bupati Batu Bara diwakili Sekda Kab. Batu Bara Norma  Deli Siregar ,  Ketua DPRD Kab. Batu Bara M. Syafii, S.H , Kajari Batu Bara Amru  Siregar, S.H., M.H , Kakan Kemenag Batu Bara Sakoanda Siregar ,  Kabag Ops KOMPOL Imam Alriyuddin, S.H., M.H , Dandim 0208 Asahan diwakili Danramil Tanjung Tiram KAPTEN A. Sianturi , Ketua FKUB Kabupaten Batu Bara Adnan Haris , Ketua MUI Kab. Batu Bara H. M. Hidayat, L.C., M.A , 

Turut hadir Para Pimpinan Organisasi Masyarakat, Organisasi Keagamaan, Organisasi Kepemudaan Se- Kabupaten Batu Bara ,  Para Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Tokoh Masyarakat Se-Kabupaten Batu Bara

Serta , Para Kasat, Para Kapolsek, Para Kanit, Perwira, Bintara dan ASN sejajaran Polres Batu Bara 

Selanjutnya Kata Sambutan dari Kapolres Batu Bara AKBP Jose D.C. Fernandes, S.I.K , Kata Sambutan Bupati Batu Bara diwakili Sekda Norma Deli Siregar, Kata Sambutan Ketua DPRD Kab. Batu Bara M.Syafii, S.H , Kata Sambutan mewakili Dandim 0208 Asahan, Danramil Tanjung Tiram KAPTEN A. Sianturi.

Kemudian , saat Sesi Diskusi  Ketua BKM Mesjid Besar Jami Al Ridha Lima Puluh menyampaikan : Terimakasih kepada Bapak Kapolres yang telah mengumpulkan kita semua disini untuk bertukar pikiran. 

Lanjutnya ,kami menyampaikan bahwa Mesjid Jami Al Ridha dan Gereja HKBP Lima Puluh sejak dahulu selama bertahun tahun bertetangga, sehingga toleransi antar ummat beragama tidak diragukan lagi.

Namun kami mengingatkan agar kita tetap bersama menjaga toleransi khususnya pada jam jam sholat, mesjid posisi di jalan lintas tentu menjadi tempat persinggahan bagi warga yang beristirahat atau menunaikan sholat, hendak nya jamaah yang muslim atau yang nasrani, tetaplah parkirkan kenderaan di tempatnya masing masing.

Kapolsek Lima Puluh, AKP Rusdi, S.H.MM. dan Camat Lima Puluh Adri Aulia Harahap  menanggapinya dengan berkata Hingga saat ini kita, TNI dan Polri serta Pemkab Batu Bara tetap bersinergi dengan pihak dari Masjid dan Gereja, 

Selanjutnya, kemarin pernah kita membahas terkait parkiran, setelah kita koordinasikan kedua pihak dapat menerima dan mengambil langkah langkah yang baik, sehingga kerukunan Ummat beragama tetap terjalin dengan baik di wilayah Sektor Lima Puluh ini.

Kami pihak Polsek Lima Puluh Siap untuk melakukan Pengamanan, baik di hari hari besar maupun hari lainnya, apabila bapak ibu sekalian membutuhkan kehadiran Anggota Polisi. Ungkap Kapolsek Rusdi, SH.MM.

Sedangkan , Pdt. H. Aritonang menyatakan bahwa Kami mohon kepada Personil yang melaksanakan Pengamanan di Gereja agar tetap melaksanakan Pengamanan apabila acara kegiatan Gereja masih berlangsung.

Lanjutnya, Acara rapat koordinasi ini harusnya kita laksanakan di Bulan November, karena menurut kami ketika masuk 1 Desember itu sudah melaksanakan Natal. 

Kapolres Batu Bara AKBP Jose D.C. Fernandes, , S.I.K., beserta Kabag Ops KOMPOL Imam  Alriyuddin  S.H., M.H. menyatakan , Kami telah menekankan kepada seluruh Personil agar melaksanakan Tugas Pengamanan kegiatan dengan sebaik baiknya, 

Namun demikian kami juga mengakui bahwa keterbatasan Personil yang melakukan Pam tidak sesuai dengan jumlah objek Pam yang ada, untuk itu kami memetakan lokasi ibadah yang lokasi nya berdekatan di isi oleh beberapa personil untuk dilakukan Pengamanan secara mobile, sehingga seluruh lokasi Pam bisa dijangkau oleh Anggota Polri.

Terkait kegiatan Rakor ini, kita juga mengikuti Agenda Nasional bahwa Natal dilaksanakan pada 24-25 Desember, namun demikian terhadap gereja yang sudah melaksanakan Ibadah Natal sebelum tanggal itu, kami juga telah melakukan Pengamanan kegiatan di lokasi tersebut.

Sementara Tokoh Masyarakat Air Putih Bpk Suharto betkata   Saya tinggal di tengah tengah antara Gereja HKBP Indrapura, dan Mesjid Muhammadiyah Indrapura, sehingga saya menyaksikan sendiri indahnya Toleransi Umat beragama di wilayah Indrapura.Namun apabila sudah hari hari besar, masalah di kota Indrapura itu yakni terkait kemacetan.

Selanjutnya kami minta kita yang semua hadir disini, untuk kegiatan Ibadah umat beragama, bukan hanya tugas Polres Batu Bara saja, ini merupakan tanggung jawab kita semua, dalam menjaga mengamankan agar masyarakat kita dapat menjalankan syariat agamanya masing masing.

Kapolres Batu Bara AKBP JOSE D.C. FERNANDES, S.I.K., menanggapinya dengan  Terkait kemacetan tentunya kami telah menyiapkan personil pengurai kemacetan, personil yang melaksanakan Pengaturan hingga kemacetan bisa di hindari atau kita cegah.

Pdt. Br. Pasaribu berkata  Kami menyampaikan terimakasih yang sebesar besarnya kepada  Bapak Kapolres Batu Bara telah menggelar acara ini, sehingga dengan adanya wadah berkumpul lintas agama di Polres Batu Bara ini, semakin mempererat hubungan baik antar umat beragama di Kabupaten Batu Bara. Tutupnya.

(wellas) 

Share:

No comments:

Post a Comment

Artikel

Labels

Budaya (15) ekonomi (3) Kesehatan (13) Organisasi (158) Pemerintahan (94) Pendidikan (135) politik (87) Polri/TNI (6) sosial (107) Sumatera Utara (29)

Blog Archive