-->

From Angkatan Muda Desa Lalang, Melestarikan Mangrove di Bibir Pantai

Medang Deras, Batu Bara - SumutPerisainusantara.com,|From Angkatan Muda Desa Lalang, ikut serta bersama organisasi lainya menanam pohon mangrove, guna penanaman pohon mangrove yang di lakukan adalah salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk mengurangi potensi abrasi pada daerah pesisir bibir pantai. Dengan semakin tingginya kesadaran akan pentingnya hutan mangrove maka akan semakin tinggi tingkat pelestarian alam yang bisa dilakukan agar di sepanjang bibir pantai tetap terjaga keasrianya. Minggu (10/ 04/2022) 

"Secara fisik manfaat mangrove di sekitar bibir pantai Desa Lalang antara lain, sebagai perlindungan terhadap sedimentasi  (proses pengendapan material hasil erosi di tempat tertentu ), mencegah terjadinya abrasi dan instrunsi air laut (pergerakan air asin ke air tawar yang dapat mengkontaminasi sumber air minum), penahan badai dan angin yang bermuatan garam, serta untuk menurunkan emisi karbon. Secara ekologis hutan mangrove berfungsi sebagai tempat hidup, perlindungan dan sumber pakan bagi biota laut dan spesies yang ada di sekitarnya." Pungkas Yunara selaku Ketua FAM-DL, sabtu (09/04/2022) 

Penanaman mangrove ini, berkolaborasi bersama kelompok tani mangrove, juga para Pelajar SMK N1, Suka Raja,Kec. Air Putih, Kab.Batu Bara ikut berkerja sama membantu melestarikan mangrove yang ada di pantai Desa Lalang, Kecamatan Medang Deras, Kabupaten Batu Bara. 

Ketua From Angkatan Muda Desa Lalang, Yunara mengatakan.Kegiatan ini di lakukan semata-mata agar supaya pantai ini tetap asri dan tetap kita jaga kelestarian mangrove yang ada di  desa Lalang.

"Tujuan kita bersama teman-teman melakukan penanaman mangrove ini tidak lain hanya untuk melestarikan alam yang ada di pantai desa Lalang, seperti halnya hari ini kita tetap menjaga mangrove yang ada di desa Lalang," Ujarnya.

"Sudah sepantasnya kita sebagai pemuda harus peduli dan turut ambil peran untuk menjaga lingkungan di sekitar kita sendiri serta merawat dan melestarikan mangrove yang ada di Desa kita, semoga kegiatan yang kita lakukan ini bisa menjadi percontohan kelak bagi generasi yang akan datang  bisa peduli terhadap lingkungan di Desanya sendiri, terkhusus bagi generasi yang ada di Desa Lalang. " Tutup Yunara. (Syafii)

Share:

No comments:

Post a Comment

Artikel

Labels

Budaya (16) ekonomi (3) Kesehatan (13) Organisasi (158) Pemerintahan (96) Pendidikan (135) politik (88) Polri/TNI (6) sosial (107) Sumatera Utara (29)

Blog Archive