-->

Wisata Belanti Asri Desa Empat Negeri Resmi di buka

Wisata Belanti Asri Resmi di buka


BATU BARA - Perisainusantara.com

Satu lagi wahana wisata nuansa Pedesaan resmi di buka untuk bersantai hilangkan kepenatan dan rasa kejenuhan telah hadir di Kabupaten Batu Bara 



Buah Karya Kepala Desa Empat Negeri yang akrab di sapa Ute Kamel dan Para Pemuda Desa telah mewujudkan tempat Wisata  Belanti Asri yang hari ini diresmikan Bupati Batu Bara yang diwakili Asisten 1 Setdakab Batu Bara Rusian Heri, Kamis pagi (10/08/2023).



Acara seremoni ini di hadiri para Kepala Desa se-Kabupaten Batu Bara itu dilaksanakan di lokasi wisata Belanti Asri nan eksotik di Desa Empat Negeri Kecamatan Datuk Lima Puluh Kabupaten Batu Bara.

Asisten 1 Setdakab Batu Bara Rusian Heri dalam kata sambutannya mengucapkan selamat dan kagum atas ide kreatif Kepala Desa Empat Negeri Kamaluddin yang menyulap sawah belukar  menjadi  wahana alam yang asri.

Dan, kedepannya tidak tertutup kemungkinan melalui istansi terkait seperti Dinas Pariwisata dan Pora, Dinas Koperasi UKM, Dinas Pertanian dan Perkebunan, Dinas Perikanan dan Peternakan serta instansi lainnya dapat menggelontorkan bantuan kepada Belanti Asri ini”, ujar Rusian Heri yang disambut tepuk tangan ratusan warga yang hadir.

Kepala Desa yang akrab disapa Ute Kamel ini mengungkapkan bahwa ide pembuatan wahana wisata Belanti Asri di Desanya bermula saat ada aspirasi warga meminta dibuatkan jembatan penghubung di daerah tersebut.

Setelah di lakukan peninjauan sekitar 3 bulan lalu saya melihat potensi luar biasa dari lokasi yang dibelah anak sungai ini. Ini pasti bermanfaat bila dikelola dengan profesional”, kenangnya

Selang beberapa hari kemudian pada rapat desa Kamaluddin mengutarakan idenya. Tokoh masyarakat dan pemuda serta perangkat desa spontan merespon ide tersebut.

“Sangkin semangatnya lebih dari 100 warga ikut bergotongroyong membuka ‘hutan’ Belanti yang selama ini enggan dikunjungi warga”, beber Ute Kamel.

Bagai gayung bersambut, tidak lama berselang Pemkab Batu Bara melakukan normalisasi anak sungai yang membelah kawasan hutan Belanti sepanjang 2 km.

“Hanya kurang dari 3 bulan kita telah menjadikan kawasan ini menjadi lokasi wisata yang kita beri nama Belanti Asri. Sedangkan biaya yang diperlukan mulanya dari donatur dan belakangan dibantu dari Dana Desa untuk pembuatan jalan rabat beton”, imbuhnya.

Dijelaskan Ute Kamel, saat ini fasilitas di wahana Belanti Asri masih terbilang minim. “Kita punya saung ladang, 15 pondok, 20 spot photo, rumah pohon, sarana bermain anak, 12 tenda UMKM, kolam ikan lele, tanaman sayur mayur, mangga ungu, markisa, nipah, warung makan dan minum, serta lokasi parkir yang nyaman”, jelasnya.

Namun kedepan Ute Kamel menjelaskan wahana Belanti Asri yang dikelola kaula muda Desa Empat Negeri dengan nama Kreasi Anak Muda Empat Negeri Milenial (Kamel) akan dilengkapi kolam renang anak, coffee shop dan kolam pancing.

Selain itu dikatakan Ute Kamel, Belanti Asri menyajikan kerajinan menganyam atap menggunakan daun nipah dan tanaman banban sebagai pengikat.

“Jadi selain menikmati alam yang asri, pengunjung akan disuguhkan praktek pembuatan atap nipah dari mulai pengambilan daun hingga penganyaman. 

Pengunjung juga diberi kesempatan membeli sayuran dengan cara petik sendiri dan dibayar kepada pemilik sayuran. “Jadi pasti segar karena langsung dipetik dari pohonnya”, ungkap Ute.

Pada akhir keterangannya, mantan wartawan tersebut mengatakan setiap Minggu pengunjung akan dimanjakan dengan musik keyboard dan Karaoke. Tutup Kades Kamaluddin





Share:

No comments:

Post a Comment

Artikel

Labels

Budaya (15) ekonomi (3) Kesehatan (13) Organisasi (154) Pemerintahan (94) Pendidikan (133) politik (86) Polri/TNI (6) sosial (106) Sumatera Utara (29)

Blog Archive