-->

Puspenkum Kejagung RI Kunker ke Kejari Langkat

Puspenkum Kejagung RI Kunker ke Kejari Langkat, Ini Yang Dilakukan


LANGKAT - Perisainusantara.com

Pejabat Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung (Puspenkum Kejagung) RI beserta rombongan melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kejaksaan Negri (Kejari) Langkat dalam rangka Monitoring dan Evaluasi bidang penerangan hukum di Kejari Langkat dan sosialisasi Jaksa Garda Desa kepada Kepala Desa Se Kabupaten Langkat. Rabu siang (02/08/2023) sekira pukul 14.15 Wib

Pada kunjungan tersebut, pejabat pada Puspenkum Kejagung RI beserta rombongan disambut, Kepala Kejaksaan Negeri Langkat Mei Abeto Harahap, S.H.,M.H didampingi Kepala Cabang Kejaksaan Negeri Langkat di Pangkalan Brandan, Noprianto Sihombing, S.H.,M.H.

Kemudian, Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Langkat, Sabri Fitriansyah Marbun, S.H, Kasubsi B Intelijen  Kejaksaan Negeri Langkat, Juanda Fadli, S.H dan Kasubsi A Intelijen Kejaksaan Negeri Langkat, Aryanvi Kantha Diprama, S.H.

Kepala Kejaksaan Negeri Langkat Mei Abeto Harahap, SH.MH. melalui Kasi Intelijen Sabri Marbun, SH. mengatakan bahwa kunjungan kerja tersebut dihadiri Dr. Martha Parulina Berliana, S.H., M.H, selaku Kepala Bidang Penerangan & Penyuluhan Hukum pada Puspenkum Kejagung RI, Andrie Wahyu Setiawan S.H., S.Sos,M.H., selaku Kepala Sub Bagian Kehumasan pada Puspenkum Kejagung RI.

Kemudian, Poedji Hartaty Silalahi, S.E., S.H, selaku Kepala Sub Bagian Sunproglaptau pada Puspenkum Kejagung RI dan Lilik Haryadi, S.H., M.H, selaku Kepala Sub Bidang Hubungan Antar Lembaga Pemerintah pada Puspenkum Kejagung RI.

Juga turut hadir dalam kunjungan kerja ini Yos A tarigan, SH.MH selaku Kepala Seksi Penerangan Hukum pada Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, Efan Apturedi SH.MH. selaku Kepala Seksi B Intelijen pada Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara.

Sabri Marbun mengatakan bahwa kunjungan kerja oleh Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung RI dalam rangka melakukan Monitoring dan Evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan atau program kerja khususnya dalam pelaksanaan program Prioritas Nasional (penerangan hukum dan penyuluhan hukum, Jaksa Sahabat Masyarakat).

Kemudian, Rencana Aksi Nasional, Pengelolaan Pelayanan Informasi Publik (SIPPN), Pengelolaan Pemberitaan, website, dan media sosial, serta pelayanan dan pengelolaan pengaduan Masyarakat (SP4N-Lapor) sekaligus melihat apa saja problematika yang ada di Satker Kejari Langkat.

Bahwa kemudian juga dalam kunjungan kerja ini, Tim Puspenkum Kejagung RI  memberikan sosialisasi tentang Program Jaksa Garda Desa dan kepada seluruh Kepala Desa se-Kabupaten Langkat di Ruang Pola Kab. Langkat yang dihadiri Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab.Langkat, Drs. Basrah Pardomuan.

Sosialisasi langsung disampaikan oleh Dr. Martha Parulina Berliana, S.H., M.H, selaku Kepala Bidang Penerangan & Penyuluhan Hukum pada Puspenkum Kejagung RI, beliau menyampaikan sosialisasi Jaksa Garda Desa dilaksanakan berdasarkan Instruksi Jaksa Agung RI No.5 Tahun 2023.

Selain memberikan paparan bahan sosialisasi Dr. Martha Parulina Berliana, S.H., M.H, juga memberikan kesempatan kepada beberapa peserta Kepala Desa untuk bertanya dan langsung dijawab oleh Dr. Martha Parulina Berliana, S.H., M.H.

Bahwa sebelumnya pada saat pembukaan kegiatan sosialisasi Kepala Kejaksaan Negeri Langkat Mei Abeto Harahap, SH.MH memberikan sambutan bahwa kegiatan sosialisasi dari Puspenkum Kejagung RI ini sangat bermanfaat dan kami mengucapkan terima kasih kepada Puspenkum Kejagung RI dan menyampaikan sebelumnya pada bulan Juli 2023 melalui tim Intelijen Kejari Langkat telah melaksanakan Program Jaksa Garda Desa di 3 (tiga) Kecamatan.

Adapun yang disampaikan untuk peningkatan SDM didesa, Insja No.5 Tahun 2023, Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2023 berdasarkan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi No.8 Tahun 2022, terkait Pemahaman Peraturan Mendagri No.20 Tahun 2018 Tentang Pengelolaan Keuangan Desa.

Terkait Undang-undang No.6 Tahun 2014 tentang Desa, Nota Kesepahaman Antara Kemendagri Dan Kejaksaan RI Dan Kepolisian RI Nomor 100.4.7/437/SJ, Nomor 1 Tahun 2023, Nomor NK/1/I/2023 Tentang Koordinasi Aparat pengawasan Internal Pemerintah dan Aparat Penegak Hukum Dalam Penanganan Laporan Atau Pengaduan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah, pembahasan tentang pentingnya pembangunan di Desa guna pertumbuhan ekonomi di Desa sebagaimana Nawacita Poin ke-3 Presiden RI.

Selain itu juga dilakukan pembahasan terkait potensi keunggulan di desa seperti desa wisata dan potensi sumber daya alam pada masing-masing desa, pembahasan perlunya mengajak seluruh masyarakat desa untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) guna menunjang keberhasilan pembangunan di desa.

Selain itu pembahasan tentang pentingnya kesehatan di Masyarakat Desa melalui program yang bisa dilaksanakan di Desa untuk menurunkan angka stunting atau kekurangan gizi, pembahasan tentang penegakan hukum melalui Pendekatan Restoratif Justice sesuai Perja No.15 tahun 2020, pembahasan tentang Posko Pemilu yang ada di Kejaksaan RI.

(Tim)

Share:

No comments:

Post a Comment

Artikel

Labels

Budaya (13) ekonomi (3) Kesehatan (13) Organisasi (137) Pemerintahan (83) Pendidikan (128) politik (72) Polri/TNI (6) sosial (102) Sumatera Utara (29)

Blog Archive