-->

Seminar Kepemimpinan SMK N 1 Air Putih Targetkan Pembentukan Karakter Siswa Berkualitas

 


Batubara, Perisainusantara.com|- Karakter Kepemimpinan harus ditempah sejak dibangku sekolah, guna melahirkan para siswa dan alumni yang memiliki manajemen organisasi dan sikap kepemimpinan yang baik. Pembentukan karakter ini terus dilakukan oleh salah satu sekolah sperti SMK Negeri 1 Air Putih lewat Seminar Kepemimpinan.

Seminar tersebut diikuti oleh para siswa yang tergabung dalam organisasi siswa intra sekolah (OSIS) SMK N 1 Air putih. Kegiatan berlangsung pada Jumat, (04/11/2022).

Lewat kegiatan itu, pihak sekolah mengangkat sebuah tema tentang "Mendorong Terbentuknya Karakter Kepemimpinan Siswa Demi Terwujudnya Tatanan Peserta Didik Yang Berkualitas". Dalam kegiatan seminar, Kepala sekolah mengundang 2 anak muda Batubara yang aktif dalam kegiatan organisasi, yakni Arwan Syahputra yang juga merupakan Debater Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) Tahun 2019 di Universitas Airlangga.  Kemudian Nazli Aulia Ketua PB Ikatan Mahasiswa Batubara (Imabara).


Kepala Sekolah SMK Negeri 01 Air Putih mengatakan kegiatan tersebut mampu mewujudkan kepemimpinan siswa demi terwujudnya siswa/i yang cerdas dan bijak untuk menata masa depanya kelak.

"Kita fokus ingin menjadikan siswa/i yang memiliki karakter kepimpinan baik itu Pemimpin dalam organisasi sekolah ( OSIS ) Maupun setelah Tamat dari sekolah bisa Menjadi pemimpin yang sukses dan baik untuk Keluarganya yang akan datang,"kata Sulistio SPd, Kepsek SMK N 1 Air Putih, saat membuka acara seminar.


Sulistio juga mengajak, agar para peserta didiknya memahami arti penting jalan menuju sukses yakni taat dan patuh terhadap orang tua.

"Anak-anak saya sekalian, setiap orang  menginginkan sukses maka butuh proses. Proses itu tidak mudah, dari sekarang kalian harus bentuk diri kalian sesuai cita - cita kalian. Saran saya Ayah dan  Ibu itu jadi panutan utama, banyak orang yang sukses diluar sana dengan umur yang sangat muda mereka bisa sukses dengan umur segitu, karena patuh pada orang tua," papar Kepala Sekolah yang akrab disapa 'Pak Tio'.

Tio menambahkan, walaupun kegiatan seminar  ini sebentar, tetapi setidaknya mampu membangun karakter diri siswa khusunya OSIS SMK N 1 Air Putih.

"Walaupun sebentar tapi setidaknya mampu menumbuhkan dan menaburkan bening kepada kita semangat untuk berjuang. Kalau ingin menjadi pemimpin harus kita mulai dari sekarang, menjadi sosok Siswa-siswi cerdas, hebat,  dan bisa," ucapnya.

Ia berharap kepada para peserta seminar, agar mampu  berguna untuk orang lain bahkan menjadi kebanggan sekolah dan orang Tua."Kejar la cita cita kalian untuk menjadi sukses kedepannya. Semoga dengan seminar yang digelar ini bisa menambahkan sedikit ilmu tentang menjadi pemimpin yang lebih baik Lagi,"pungkas Sulistio SPd selaku Kepala sekolah SMK N Air Putih.

Berdasarkan  laporan panitia seminar,acara tersebut berlangsung dengan baik, dan aktif. Bahkan para pemateri pun merasa bangga karena keaktifan siswa SMKN 1 Air Putih.

Penulis: Yusri Bajang

Kontributor: Safii

Share:

No comments:

Post a Comment

Artikel

Labels

Budaya (16) ekonomi (3) Kesehatan (13) Organisasi (175) Pemerintahan (101) Pendidikan (136) politik (90) Polri/TNI (6) sosial (107) Sumatera Utara (29)

Blog Archive