-->

Kapolres Batu Bara, Tinjau Banjir Meluas ke Desa Gambus Laut

Kapolres Batu Bara Tinjau Banjir Meluas sampai ke Desa Gambus Laut Kecamatan Lima Puluh Pesisir Kab. Batu Bara

BATU BARA - SUMUT - Perisainusantara.com

Polres Batu Bara mendapat Informasi Luapan Air di Desa Gambus Laut semangkin meluas dan tinggi, Kemudian Pada Hari Sabtu pagi (19/11/2022) Sekira Pukul 09.00 WIB, Kapolres Batu Bara AKBP Jose D. C. Fernandes, S.I.K Langsung melakukan Pengecekan Pemukiman Warga yang terdampak Luapan Air Sungai Simpang Gambus di Desa Gambus Laut Kec. Lima Puluh Pesisir Kab. Batu Bara.

Hadir Kapolres Batu Bara AKBP Jose D.C. Fernandes, S.I.K , Kabag Ops Polres Batu Bara KOMPOL Imam Alriyuddin , SH, MH , Kabag Log KOMPOL Rudi Siregar, SH , Kasat Samapta Polres Batu Bara AKP D.P. Sinaga , SH , Kasat Lantas AKP Eridal Fitra, SH., MH , Kapolsek Lima Puluh AKP Rusdi, SH, MM , Kanit Regident IPDA Riki Hamdany, SE , Kanit Gakkum IPDA Elon Sitinjak, SH , Personil Brimob Tebing Tinggi. dan Personel Patroli Sat Samapta Polres Batu Bara dan Personil Polsek Lima Puluh. 

Pantauan Wartawan Bantuan untuk Korban Banjir Desa Gambus Laut dari BPBD 2 Unit Tenda Pengungsian dan Air Bersih 1 Tangki

Bantuan dari Dinkes Batu Bara yakni Posko Kesehatan dan Bantuan Dinsos Batu Bara Beras 300 Zak @5 Kg serta Mie Instan 20 Kotak

Kapolres AKBP Jose DC Fernandes berkata Kami dari Polres Batu Bara membawa untuk meringankan beban warga yakni Beras 100 Zak @5 Kg , Selimut 50 Pcs , Air Mineral 10 Kotak , Telur 10 Papan dan Nasi Bungkus 200 bungkus. 

Lanjutnya, Adapun Data Warga yang terkena dampak Banjir di Desa Gambus Laut sebanyak 605 KK dengan perincian 45 KK di Dusun 4 ,  43 KK di Dusun 5 , 80 KK di Dusun 6  , dan 300 Kk di Dusun 7  serta 137 KK di Dusun 8 dan di laporkan Korban Jiwa : NIHIL. 

Bencana Alam Berupa Banjir terjadi dikarenakan Curah Hujan yang sangat tinggi di daerah Kab. Simalungun menyebabkan Aliran Air Sungai Bahbolon meluap ke Pemukiman Warga sehingga Perumahan Warga yang berada di Desa Gambus Laut Kec. Lima Puluh Pesisir Kab. Batu Bara terendam oleh air dengan ketinggian ± 30 Cm - 80 Cm. 

Terkait Hal tersebut diatas Personel Polres Batu Bara dibantu oleh Personel Brimob Polda Sumut serta Pemerintah Kecamatan Lima Puluh Pesisir mengevakuasi warga ke Kantor Radio Odan Batu Bara di Dusun VII Desa Gambus Laut. 

Di Prediksi Tidak Menutup Kemungkinan Luapan Air Sungai Bahbolon semangkin meluas, mengingat tingginya intensitas curah hujan saat ini.

Dan, Tidak Menutup Kemungkinan Adanya Penambahan Data Warga Yang terkena Dampak Luapan Air Sungai akibat Curah Hujan yang sangat Tinggi.

Juga, Tidak Menutup Kemungkinan Bencana Alam Berupa Banjir akan Berlangsung Lama sehingga Timbul Penyakit terhadap Masyarakat yang melakukan Pengungsian di Posko Penangan Banjir yang telah disiapkan.

Dan Kami Telah di lakukan Pendataan Terhadap Korban Yang terkena Dampak Luapan Air Sungai Bahbolon.

Serta Melakukan Evakuasi terhadap Masyarakat yg rumahnya terkena Banjir ke Kantor Radio Odan Batu Bara dan membuat dapur umum. 

Kami juga sudah arahkan Agar Personel Polres Batu Bara bersama Dinas BPBD Kab. Batu Bara tetap Standby dan Siaga dilokasi yang terdampak luapan air Sungai guna Mengantisipasi Luapan Air Sungai susulan.

Kemudian mengulas kembali urutan kejadian Banjir sebab meluapnya air sungai, yakni Pada Hari Kamis Tanggal 17 November 2022 Sekira Pukul 20.00 WIB, telah terjadi Bencana Alam Berupa Banjir yang diakibatkan Curah Hujan yang sangat tinggi sehingga Air Sungai Bah Bolon Meluap kerumah - rumah warga yang berada di Dusun VI, Dusun VII dan Dusun VIII Desa Gambus Laut Kec. Lima Puluh Pesisir Kab. Batu Bara dengan ketinggian Air dipemukimam warga antara 20 Cm - 30 Cm

Dan,  Pada Hari Jumat Tanggal 18 November 2022 Sekira Pukul 17.00 WIB, Warga yang terdampak Banjir mulai mengungsi ke Kantor Radio Odan Pemkab Batu Bara di Jln Gambus Laut Dusun VII Desa Gambus Laut karena Air Semangkin tinggi dan mencapai kedalamam 30 Cm - 80 Cm, dan Pihak Desa mulai melakukan Pendataan terhadap Masyarakat Desa Gambus Laut yang terdampak Luapan Air Sungai Bah Bolon dan (terdata ada 52 Kepala Keluarga) yang mengungsi di kantor Radio Odan Batu Bara. Tutup Kapolres Batu Bara AKBP Jose DC. Fernandes, S.I.K.

(sumber Humas Polres Batu Bara) 


Share:

No comments:

Post a Comment

Artikel

Labels

Budaya (16) ekonomi (3) Kesehatan (13) Organisasi (175) Pemerintahan (101) Pendidikan (136) politik (90) Polri/TNI (6) sosial (107) Sumatera Utara (29)

Blog Archive