-->

Bupati Batu Bara Hadir di Pengukuhan Asosiasi LPM Se-Kab.Batu Bara



BATU BARA - SUMUT - Perisainusantara.com

Pengukuhan Asosiasi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) se Kabupaten Batu Bara.

Acara pengukuhan Asosiasi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat ( LPM ) Kabupaten Batu Bara dihadiri oleh Bupati Batu Bara Ir.Zahir,M.AP. 

Dalam arahannya Bupati menyampaikan , dari pengertian diatas sudah jelas Kinerja LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat ) sangat menyentuh kepada masyarakat.atas dasar pemikiran tersebut seluruh LPM yang ada di Kabupaten Batu bara sepakat membentuk Asosiasi LPM se- Kabupaten Batu Bara sekaligus Pengukuhan Pengurus LPM Kabupaten Batu Bara yang bertempat di Jalan Lintas Sumatra  -  Batu Bara tepatnya di Pojok UMKM Lapangan S.P.N Kecamatan Laut Tador Kabupaten Batu Bara hari minggu tgl (27/11/2022).

Lembaga Pemberdayaan Masyarakat berdasarkan Peraturan Daerah No 13 Tahun 2006 tentang Lembaga Kemasyarakatan dan Lembaga adat menyebutkan bahwa " Pengertian Lembaga pemberdayaan masyarakat yang selanjutnya disingkat (LPM) adalah Organisasi atau wadah yang dibentuk atas prakasa masyarakat sebagai mitra pemerintahan Desa dalam menampung dan mewujudkan aspirasi dan kebutuhan masyarakat dibidang pembangunan.

Ucapan selamat atas terbentuknya struktur kepengurusan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM ) Se - Kabupaten Batu Bara"Mudah mudahan dengan terbentuknya Asosiasi LPM Se-Kabupaten Batu Bara segala kegiatan LPM bisa terakomodir dan tersampaikan ke Pemerintahan Kabupaten,hal ini lebih mempermudah komunikasi dengan Kabupaten.ucap Bupati.Selain itu Ir.Zahir,M.AP.agar dengan terbentuknya Asosiasi L.P.M dapat bersinergi dengan Pemerintahan Desa dan menjalin Kemitraan.Kepada Pengurus terpilih beliau berharap agar dapat mengemban amanah dengan baik dan menjalin kemitraan dengan pemerintahan Desa."Saya menjanjikan kepada Pengurus Asosiasi L.P.M Kabupaten Batu Bara agar di agendakan pertemuan 3 ( tiga) bulan sekali guna menjalin silaturahmi."ujar Bupati sambil memohon ijin untuk urusan lainnya.

Adapun Susunan Struktur Kepengurusan Lembaga  Pemberdayaan Masyarakat (LPM) periode 2022 s/d 2027.Terpilih dari hasil musyawarah.

Ketua       : Darwis Simanjuntak.

Wakil Ketua 1.: Adi Musliadi.

Wakil Ketua 2.: sugianto

Sekretaris : Syahrial

Bendahara : Atan Manurung.

Dalam pengukuhan Kepengurusan Asosiasi Lembaga  Pemberdayaan Masyarakat ( LPM )Di hadiri

Selain Bupati Batu Bara Ir.Zahir,M.AP hadir juga Kepala Desa Perkebunan Tanjung Kasau Suheri dan Kepala Desa Planggiran Poniran.Dalam kesempatan itu,kades Perkebunan Tanjung Kasau Suheri menyampaikan dukungan kepada Asosiasi L.P.M kabupaten Batu Bara,dan sebagai bentuk apresiasi Kepala Desa Perkebunan Tanjung Kasau dengan menyediakan Stad bazar pada hari Ulang Tahun Kabupaten Batu Bara agar dapat diberdayakan.

Setelah acara pengukuhan, seluruh Pengurus L.P.M terpilih beserta anggota melakukan kunjungan silaturahmi di kediaman  salah seorang anggota DPRD Kabupaten Batu Bara Bapak Ahmad Fahri Meliala yang merupakan Ketua Fraksi Partai Gerindra dari Komisi 1.

Maksud  kunjungan Pengurus maupun anggota selain silaturahmi juga ingin meminta arahan dan petunjuk tentang Program kerja Asosiasi L.P.M (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat) Batu Bara kedepannya.selain itu melalui diskusi santai dan penuh keakraban dan kekeluargaan mereka menyampaikan keluhan keluhan yang selama ini terjadi di Pemerintahan Desa Mereka masing masing.Dari keluhan dan permasalahan yang selama ini terjadi di Lembaga L.P.M tiap Desa,selaku anggota Perwakilan Rakyat beliau bersedia menampung aspirasi dari Pengurus serta anggota Asosiasi L.P.M terpilih.

Oleh lebih kurang 80 perwakilan ketua LPM yang ada di seluruh Kabupaten Batu Bara dari 151 Desa sudah termasuk 10 Kelurahan.

Setelah Pembahasan yang cukup lama namun membawa hasil yang bermamfaat bagi kemajuan Asosiasi L.P.M Kabupaten Batu Bara,Seluruh Pengurus dan Anggota yang hadir mengucapkan ribuan terima kasih kepada Ahmad Fahri Meliala selaku perwakilan rakyat DPRD Kabupaten Batu Bara yang sudah menerima Pengurus dan Anggota L.P.M Batu Bara dengan Baik 

Darwis Simanjuntak selaku Ketua terpilih menyampaikan point point permasalahan yang selama ini sering terjadi diantaranya Pengurus LPM Merasa kurang diperhatikan atau di fungsikan hampir diseluruh Desa.

Kurangnya Pelatihan yang diharapkan Sumber Daya Manusia (SDM)para Pengurus Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dapat mengerti tentang Tupoksinya."Tolong agar Bapak Dewan dapat membantu kami untuk menyelesaikan masalah kami" harap Darwis Simanjuntak kepada Ahmad Fahri Meliala.

Atas dasar laporan keluhan inilah membuat anggota DPRD Batu Bara merasa terpanggil dengan menjanjikan RDP (Rapat Dengar Pendapat) di Gedung DPRD Kabupaten Batu Bara. Tutup Darwis Simanjuntak.

( Syahril)

Share:

No comments:

Post a Comment

Artikel

Labels

Budaya (16) ekonomi (3) Kesehatan (13) Organisasi (158) Pemerintahan (96) Pendidikan (135) politik (88) Polri/TNI (6) sosial (107) Sumatera Utara (29)

Blog Archive