-->

Terlalu Mirip Polisi, Seragam Satpam Bakal Diganti Jadi Warna Krem


Jakarta, Perisainusantara.com|-
Warna seragam Satuan Pengamanan (Satpam) tengah diproses oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) untuk dilakukan perubahan dari warna cokelat muda ke warna krem.

Divisi Humas Polri melalui kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) , Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan,

"Seragam sekarang terlalu mirip dengan seragam Polri sehingga menyebabkan kebingungan dan kesulitan warga masyarakat untuk membedakan polisi dan Satpam," kata Ramadhan kepada wartawan, Rabu (12/1/2021).

"Satpam merupakan profesi baru sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas. Oleh karena itu, Satpam perlu memiliki identitas sendiri" Ujar Ramadhan. 

"Serta satpam perlu memiliki identitas sendiri yang berbeda dengan Polri selaku pembinanya," ujar dia.


Menurut Ramadhan, perubahan warna seragam Satpam menjadi krem akan dikenalkan saat hari ulang tahun (HUT) Satpam yakni pada bulan Desember nanti. Serta pemberlakuan penggunaan seragam baru Satpam setelah semua proses pengkajian sudah selesai.

"Pada HUT Satpam akan diperkenalkan warna seragam yang baru dan akan diberlakukan setelah selesai pengkajian dan diberikan waktu setahun setelah disahkan penggunaannya," ujarnya.

Berdasarkan Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa. Polri sudah pernah mengubah warna seragam satpam menjadi warna cokelat muda dari awalnya berwarna putih-biru tua. 

Brigjen (Pol) Awi Setiyono yang saat itu menjabat Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri menyatakan, perubahan seragam tersebut diharapkan menumbuhkan kebanggaan satpam terhadap profesi mereka serta menimbulkan kedekatan emosional dengan Polri.

"Terjalin kedekatan emosional antara Polri dan Satpam, menumbuhkan kebanggaan satpam sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas. Memuliakan profesi Satpam, dan menambah pergelaran fungsi kepolisian di tengah-tengah masyarakat," kata Awi pada Selasa (15/9/2020). *Red

Share:

No comments:

Post a Comment

Artikel

Labels

Budaya (14) ekonomi (3) Kesehatan (13) Organisasi (153) Pemerintahan (93) Pendidikan (132) politik (83) Polri/TNI (6) sosial (106) Sumatera Utara (29)

Blog Archive