-->

Bhayangkara Polri Jelang Refleksi HUT ke-77

BHAYANGKARA POLRI JELANG  REFLEKSI HUT KE 77    Oleh:Irwansyah Nasution



BATU BARA - Perisainusantara.com

Tanpa terasa tepat 1Juli nanti para aparat keamanan negara kepolisian RI akan berulang tahun yang ke 77 dalam perjalanan panjang sebagai pelayan di bidang keamanan dan ketertiban masyarakat.

Posisi penting kepolisian begitu strategis dan diperlukan negara dan masyarakat  sampai sampai Menkopolhukam Mahpud MD menyetir pendapat cendikiawan muslim Ibnu Taimiyah tentang aparat keamanan menyebut "lebih baik enam puluh tahun dengan polisi jelek daripada satu malam tanpa polisi " bahkan Mahpud MD menyebut "kondisi semalam saja tanpa polisi  sangatlah berbahaya besoknya negara bisa hilang".Seperti dikutip dari pemberitaan Kompas.com,tentu yang dimaksud dua tokoh berbeda zaman ini menggambarkan begitu pentingnya keberadaan kepolisian bagi negara dan masyarakat .

Kepolisian RI akan berulang tahun yang kita kenal dengan penyebutan hari " Bhayangkara " merupakan sebuah istilah pilihan nama sarat dengan sejarah masa lalu negeri Nusantara sebelum bernama Indonesia saat ini .Ketika itu pada masa kerajaan Majapahit pasukan keamanan kerajaan di beri nama Bhayangkara yakni pasukan elit  khusus untuk menjaga keamanan kerajaan dan masyarakat dari gangguan bahaya dalam dan luar kerajaan .

Pasukan penjaga keamanan dipilih berdasarkan dedikasi yang tinggi terhadap kerajaan dan tidak semua orang  dapat masuk menjadi prajurit Bhayangkara yang sangat terkenal dan bergengsi  itu.

Kata Bhayangkara adalah penamaan istilah sakral yang dipilih pemerintah untuk kepolisian Republik Indonesia sebagai pilihan nama untuk menggambarkan sifat dan karakter kuat kepolisian yang memiliki tantangan kekinian yang tidak mudah dihadapi oleh kepolisian dan  diperlukan kesiapan yang matang dan terukur baik segi kesiapan infrastruktur kepolisian terutama dalam mengambil tindakan dengan ketersediaan aturan law enforcement yang terkadang memiliki celah hukum dan perdebatan yang tak kunjung usai dimasyarakat dalam azas hukum yang disebut kepastian hukum dalam menegakkan keadilan.

Pembenahan repormasi kepolisian yang dilakukan pemerintah dan pimpinan polri dalam menyikapi dinamika dan perkembangan dan cipta keamanan dan ketertiban  melalui polisi presisi .

Makna Polri Presisi

yakni prediktif responsibilitas dan transparansi  tidak saja menjadi jawaban polri terhadap tantangan dinamika keamanan dan ketertiban  bagi keselamatan negara dan masyarakat bahkan  ditekankan agar setiap anggota Polri mampu melaksanakan tugasnya secara cepat dan tepat, responsif, humanis, transparan, bertanggung jawab, serta berkeadilan.

Dalam mewujudkan hal tersebut diperlukan kolaborasi yang kuat antara kepolisian dan masyarakat sehingga antisipasi kepolisian menyikapi dinamika dalam menjaga keamanan Kapolri melalui surat keputusan dan surat telegram Kapolri menetapkan Pokdar Kamtibmas Bhayangkara Polri sebagai satu langkah strategis jitu  kepolisian dalam mengantisipasi dinamika keamanan dan ketertiban yang terus berkembang saat ini ditengah masyarakat yang dilanda komunikasi global informatif.

Kelompok sadar Kamtibmas (Pokdar Kamtibmas Bhayangkara Polri )diharapkan sebagai citra kepolisian RI ditengah masyarakat sebagai sebuah terobosan di bidang penyeimbangan keamanan atas jawaban perkembangan sosial kemasyarakatan yang begitu cepat akankah terwujud ?.

Kita harus mendukung langkah Kapolri yang sangat antisipatif itu ,sebagai bentuk tanggung jawab bersama demi mewujudkan keamanan dan ketertiban  ditengah jumlah kepolisian yang berjumlah lebih empat ratus ribu personil berbanding beban keamanan masyarakat Indonesia yang mencapai    hampir tiga ratus juta jiwa "amazing," !

Sudah saatnya kita membangun kesadaran kolektif tentang ketertiban dan keamanan bersama kepolisian bergandeng tangan .Dihari ulang tahun ke 77 Bhayangkara tak ada kata yang lain untuk diucapkan kepada  kepolisian RI dimanapun berada " jangan mundur setapak berkisar sejari "

Karena kita butuh kehadiran kepolisian yang presisi.

Penulis ketua Pokdar Kamtibmas Bhayangkara polri kabupaten Batubara.

Share:

No comments:

Post a Comment

Artikel

Labels

Budaya (13) ekonomi (3) Kesehatan (13) Organisasi (137) Pemerintahan (83) Pendidikan (128) politik (72) Polri/TNI (6) sosial (102) Sumatera Utara (29)

Blog Archive