-->

Dua Fraksi DPRD Batu Bara Soroti Rendahnya Pencapaia PAD

Dua Fraksi Partai Golkar (FPG) dan Fraksi Gerindra (FG) Soroti Rendahnya Pencapaian PAD Pemkab Batu Bara 


BATU BARA - Perisainusantara.com

Rendahnya capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Batu Bara pada tahun 2022, mendapatkan sorotan dari Dua Fraksi yakni Partai Golkar (FPG) dan Fraksi Gerindra (FG) DPRD Kabupaten Batu Bara 

Hal sorotan itu disampaikan pada rapat Paripurna pada Tanggapan pandangan umum fraksi atas penyampaian nota Rancanangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Batu Bara Tahun 2022 yang dipimpin Ketua DPRD, Safi’i, di Ruang Rapat Paripurna di Gedung DPRD Kab.Batu Bara. Selasa (20/06/2023).


FPG melalui juru bicaranya Rohadi dalam tanggapan pencapaian PAD masih rendah.

Di paparkan retribusi daerah hanya mencapai angka 85, 52 persen, sementara realisasi pajak mencapai angka 81,90. Jelasnya.

Terkait realisasi pendapatan hibah sebesar Rp. 3.314.184.440, FPG meminta penjelasan yang rinci meliputi sumber hibah, jenis hibah yang diberikan apakah berupa uang, tanah, bangunan atau pun dalam bentuk aset lainnya. Juga dasar pemberian hibah, serta serah terima hibah dari pihak pemberi kepada Pemkab Batu Bara.

Juga, dipaparkan Ahmad Fahri Meliala dari Fraksi Gerindra (FG), target PAD pada APBD 2022 belum dapat tercapai atau hanya sebesar 96,53 persen. Ini dibandingkan tahun 2021 lalu, target PAD mencapai 102,32 persen. 

Frakai Gerindra (FG) juga bertanya apa saja menjadi sebab target pendapatan daerah pada APBD 2022 tidak tercapai.

Terkait dengan dapat dihematnya belanja daerah seperti dipaparkan Bupati,  fraksi ini mempertanyakan apakah 

Penghematan anggaran yang di sampaikan Bupati Zahir itu terjadi karena faktor efesiensi atau karena faktor banyaknya program kegiatan yang telah dianggarkan, namun tidak terlaksana.

“Kami memandang kedepan efisiensi dan efektivitas pelaksanaan anggaran sudah semestinya semakin diperketat, bersamaan dengan upaya memperbaiki struktur penganggaran agar lebih tepat guna di masa-masa mendatang. 

Kami berharap, ada keterpaduan antara perencanaan dan prioritas penggunaan keuangan untuk pembangunan daerah, sehingga dapat dicapai secara merata bagi kesejahteraan masyarakat,” pungkas  Ahmad Fahri Meilala.

Delapan Fraksi DPRD Kab. Batu Bara juga ikut serta menyampaikan tanggapan mengenai Pencapaian PAD dan penggunaan anggaran Pemkab. Batu Bara.

Hadir Bupati, Zahir diwakili Asisten I,  Rusian Heri dan kedua Wakil Ketua DPRD, 

(wellas)



Share:

No comments:

Post a Comment

Artikel

Labels

Budaya (13) ekonomi (3) Kesehatan (13) Organisasi (137) Pemerintahan (83) Pendidikan (128) politik (72) Polri/TNI (6) sosial (102) Sumatera Utara (29)

Blog Archive