-->

Lakukan Terobosan!, SMKN1 Pulau Rakyat Laksanakan Ujian Berbasis Online dengan Aplikasi CBT Candy E-Learning.


Asahan, Sumut, Perisainusantara.com

Upaya pemanfaatan teknologi dalam segala aspek kehidupan saat ini menjadi salah satu perhatian utama. Tidak terkecuali di dunia pendidikan yang merupakan tempat orang tua dan anak usia pembelajar menitipkan harapan menuju pencapaian cita cita mereka kelak. 

Dalam hal ini tentunya sekolah harus mampu mengimbangi perkembangan teknologi dan kemajuan ilmu pengetahuan demi tercapainya tujuan dan cita cita anak didik mereka. 

SMK Negeri 1 Pulau Rakyat merupakan salah satu sekolah kejuruan yang dititipkan tanggung jawab untuk ikut serta mendukung kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan tersebut. Dengan demikian tentu saja kegiatan kegiatan yang dilaksanakan di sekolah ini sedapat mungkin dilaksanakan dengan memanfaatkan teknologi. Hal ini bertujuan untuk memperkenalkan kepada anak penggunaan teknologi secara positif dan terkontrol. (Pulau Rakyat, Asahan, Selasa 20/09/2022),

Salah satu bentuk kegiatan yang saat ini sedang berlangsung dengan penggunaan IT tersebut adalah pelaksanaan PTS (penilaian tengah semester) yang berbasis online menggunakan sistem CBT (computer based test) Candy e-learning 2.9. Kegiatan ini dilaksanakan selain mendukung usaha pemerintah dalam menanggulangi sampah kertas, juga termasuk kedalam salah satu usaha pemanfaatan teknologi informasi secara positif dan terarah. 

Sesuai dengan penjelasan yang disampaikan oleh koordinator kegiatan ini, Bapak Ferri Widodo, S. Kom bahwa teknis pelaksanaannya dapat diakses menggunakan Komputer/Laptop/Smartphone melalui jaringan wireless yang sudah terinstallasi di lingkungan sekolah. Sehingga siswa hanya cukup menyediakan salah satu media tersebut dan mengikuti ujian dengan login menggunakan user dan password yang sudah ditentukan tanpa menggunakan kertas atau alat tulis lainnya. 

Dengan dukungan dari kepala SMK Negeri 1 Pulau Rakyat, Bapak Muhammad Bahmid Effendi Pulungan, S. Pd dan dilaksanakan teknisnya oleh beberapa orang pendidik dan tenaga kependidikan yang tergabung dalam tim ICT diantaranya, Feri Widodo, S.Kom, Supiyadi, S.Kom dan Hafiz Dhimas Ramadhan, S.Kom serta antusias yang tinggi dan dukungan positif dari seluruh warga sekolah maka kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik. 

Kegiatan PTS ini direncanakan pelaksanaannya selama 10 hari, mulai tanggal 19 s/d 29 September 2022, dengan jumlah peserta sebanyak 426 siswa yang terdiri dari 213 siswa jurusan TKRO dan 213 siswa TKJ dengan jenjang yang berbeda. Penilaian dilaksanakan dengan beberapa sesi agar lebih tertib dan terhindar dari kemungkinan kendala yang berhubungan dengan jaringan internet. 

Meski metode ini baru pertama kali dilaksanakan di sekolah ini dan belum semua sekolah menggunakannya namun diharapkan cara ini dapat dievaluasi dan dikembangkan dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran lainnya. Dengan demikian berbagai harapan positif satu persatu akan mulai terealisasi, karena dengan ini segala kekurangan dan kendala kendala akan terus diperbaiki demi peningkatan pada penggunaanya di masa yang akan datang.

Penulis: Yusribajang


Share:

1 comment:

Artikel

Labels

Budaya (14) ekonomi (3) Kesehatan (13) Organisasi (145) Pemerintahan (88) Pendidikan (129) politik (72) Polri/TNI (6) sosial (106) Sumatera Utara (29)

Blog Archive