-->

Perwujudan Profil Pelajar Pancasila melalui Ramadhan Berbagi

Batu Bara, Perisainusantara.com 

Ramadhan adalah bulan suci bagi umat islam di seluruh dunia. Selama Ramadhan, umat islam berpuasa dari fajar hingga matahari terbenam, menahan diri dari makanan, minuman dan aktivitas lainnya yang bersifat memuaskan keinginan jasmani. Selain menjalankan ibadah puasa, Ramadhan juga merupakan waktu untuk berbagi dan memberi kepada orang lain yang membutuhkan.

 

Berbagi selama Ramadhan adalah salah satu nilai penting yang diajarkan dalam ajaran Islam. Banyak orang yang memberikan sedekah dan memberikan bantuan kepada orang–orang yang kurang beruntung selama Ramadhan. Begitu pula yang dilakukan warga UPT SD Negeri 08 Tanjung Seri dengan program “Ramadhan Berbagi”. Selama melaksanakan KBM di bulan Ramadhan, seluruh warga sekolah yang Bergama Islam mengumpulkan infaq berupa uang. Hal ini dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada murid – murid agar membiasakan diri berbagi kepada masyarakat sekitar yang kurang mampu. Selama Sembilan hari masuk sekolah, murid – murid antusias memberikan infaq mereka yang dikumpulkan oleh panitia Ramadhan berbagi UPT SD Negeri 08 Tanjung Seri. Kab. Batu Bara 06/04/2023.

 

Program Ramadhan Berbagi ini merupakan salah satu perwujudan profil pelajar Pancasila sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai–nilai Pancasila. Salah satu ciri Profil Pelajar Pancasila adalah Beriman, bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Sesuai dengan ciri tersebut, Program Ramadhan berbagi merupakan wujud nyata perilaku pelajar yang mencerminkan nilai – nilai Pancasila dengan menerapkan berakhlak baik kepada sesama manusia. Selain itu, program Ramadhan berbagi juga merupakan penerapan dari nilai bergotong royong, dimana dalam program ini para siswa bekerja sama untuk mengumpulkan infaq dari seluruh kelas, menngumpulkan data sasaran masyarakat yang berhak mendapatkan infaq tersebut, menghitung jumlah seluruh infaq yang terkumpul, dan berdiskusi cara membagi infaq tersebut. Aktivitas seperti itu, merupakan wujud nyata dari salah sati ciri profi pelajar Pancasila yaitu bergotong royong. Para siswa yang ditunjuk sebagai panitia Ramadhan berbagi memiliki kemampuan untuk melakukan kegiatan secara bersama – sama dengan sukarela agar kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan lancar, mudah dan ringan.

 


Sembilan hari menjalankan program Ramadhan berbagi merupakan pengalamn baru bagi para siswa yang ditunjuk menjadi panitia. Salah satu siswa Bernama Nizam menuturkan bahwa ia merasa sangat senang bisa ikut menjadi panitia mulai dari mengumpulkan infaq, menghitung ifaq, dan berdiskusi bersama teman – teman serta para guru tentang masyarakat yng berhak mendapatkan infaq serta cara membagi sejumlah uang tersebut. “Saya senang bu, seperti sukarelawan. Bisa jadi panitia dan saya jadi tahu berapa hasil infaq selama Sembilan hari sekolah”, tutur Nizam setelah selesai musyarawah di kantor guru.

 

Menurut kepala sekolah UPT SD Negeri 08 Tanjung Seri, hal seperti ini merupakan pembelajaran yang sangat berarti dan menjadi ingatan bagi para siswa bahwa mereka pernah berbagi dengan masyarakat. “Pembelajaran itukan tidak hanya Matematika, IPA, dan IPS. Hal seperti ini juga merupakan pembelajaran. Kegiatan ini merupakan Pendidikan karakter, jadi kita membiasakan anak didik kita untuk memiliki karakter baik, karakter yang sesuai dengan nilai – nilai Pancasila” imbuh Delita nursanti, S.Pd., M.Pd. selaku kepala UPT SD Negeri 08 Tanjung Seri.


Penulis : Yusribajang 

Kontributor: Sitti Romadhoniah Harahap, S.Psi

Share:

No comments:

Post a Comment

Artikel

Labels

Budaya (16) ekonomi (3) Kesehatan (13) Organisasi (176) Pemerintahan (103) Pendidikan (136) politik (90) Polri/TNI (6) sosial (107) Sumatera Utara (29)

Blog Archive