-->

Mushaf Raksasa Akan Meriahkan MTQ Tingkat Propinsi di Kampus UIN Sumut


Medan, Perisainusantara.com|-
Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, menunjuk dan memberikan kepercayaan kepada Koordinator Perguruan Tinggi Agama Islam (Koopertais) Sumut untuk menjadi pelaksana penyelenggaraan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Nasional tingkat Propinsi Sumatera Utara.

Kordinator Koopertais Wil.IX Sumatera Utara, Prof.Dr. Syahrin Harahap, MA mengatakan pelaksanaan MTQ Nasional tingkat Propinsi Sumatera Utara ini direncanakan akan digelar pada 10-30 Maret 2022 di kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Sumut. “ Kita akan sukseskan dan meriahkan MTQ ini semaksimal mungkin, “ kata Prof. Syahrin kepada media Senin (7/2/2022) usai memimpin rapat panitia di Medan.

Menurut salah seorang panitia MTQ, Dr. Solahuddin Harahap, pelaksanaan MTQ akan dipusatkan di kampus UIN Sumut Jln Sutomo Medan. Ada beberapa cabang yang akan diperlombakan di Sutomo. Sedangkan untuk cabang lainnya, akan diselenggarakan di kampus UIN Sumut jalan Pancing Medan dan kampus UIN Tuntungan, Deli Serdang.

“Setelah beberapa kali rapat derngan Pemprovsu, kini panitia akan bekerja ekstra keras karena waktunya sudah mendesak. Tapi, kita yakin seluruh sarana dan prasarana akan selesai tepat pada waktunya, “ ujar Solahuddin.

Dalam gelaran MTQ kali ini, ada hal yang istimewa. Panitia lokal UIN Sumut akan menggelar dan mempersembahkan Mushaf Raksasa. Solahuddin menjelaskan, penulisan Mushaf Quran raksasa ini akan dimulai pada saat acara seremoni pembukaan MTQ N yang dipusatkan di kampus UIN Sumut Jln Sutomo Medan.

“Tekhnisnya, penulisan Mushaf itu akan melibatkan semua kepala daerah di Sumut yang beragama Islam. Mereka akan menuliskan minimal satu huruf dalam Mushaf tersebut. Kemudian, tokoh-tokoh Islam yang ada di Sumatera Utara juga akan dilibatkan. Jadi Mushaf tersebut memang benar-benar milik masyarakat Sumut, “ jelas Solahuddin.

Kendati penulisan Mushaf tersebut memiliki kerumiktan tertentu, namun Solahuddin yakin sepenuhnya kalau Mushaf tersebut akan selesai pada waktu yang telah ditentukan. “ Bila perlu kita mrngundang MURI untuk menyaksikan penulisan Mushaf tersebut, “ tegas Solahuddin.

Terakhir, Prof. Syahrin dan Dr. Solahuddin mengimbau dan mengajak masyarakat Sumatera Utara untuk bersama=sama memeriahkan dan mensukseskan MQ ini. Sebab, selain MTQ panitia juga menggelar acara bazaar yang dibuka untuk semua kalangan masyarakat. “ Pokoknya, kita usahakan semeriah mungkin, “ pungkas Solahuddin. *Syafii

Share:

No comments:

Post a Comment

Artikel

Labels

Budaya (15) ekonomi (3) Kesehatan (13) Organisasi (157) Pemerintahan (94) Pendidikan (133) politik (87) Polri/TNI (6) sosial (106) Sumatera Utara (29)

Blog Archive