-->

Bareng TNI, Parmuka SD IT Darul Abror Tanam Bibit Mangrove di Pantai Kuala Sipare

Batu Bara, Sumut, Perisainusantara.com

Pramuka SD IT Darul Abror, Cinta Alam dan kasih  sayang sesama manusia, pramuka menanam bibit mangrove ditanam di kawasan Pantai Kuala Sipare, Kecamatan Medang Deras, Kabupaten Batu Bara, Sabtu, (11/02/2023). Penanaman dipimpin Komandan Komando Rayon Militer 01 Medang Deras selaku Ketua Saka Wirakartika Kwartir Ranting Medang Deras.

Kegiatan dimulai dengan olahraga bersepeda (Goes To Pantai Kuala Sipare) dari Pangkalan SD IT Darul Abror, Sepanjang rute 20 kilometer, Pramuka bersepeda sambil menyapa warga yang sedang beraktivitas pagi.

Selain TNI koramil 01 Medang Deras, penanaman juga diikuti Ketua Kwartir Ranting Medang Deras, Pemerintahan Desa Medang, Kelompok Tani Hutan Lestari Pesisir. 

Pramuka SD IT Darul Abror Bekerja Sama dengan Pihak Pemerintahan Desa Medang serta Kelompok Tani Hutan Lestari Pesisir. 

Dalam sambutannya Kamabigus Pangkalan SD IT Darul Abror (Kak Doli Siregar, S.HI) mengatakan, penanaman yang diinisiasi oleh pembina Pramuka ini sebagai bentuk kolaborasi menjaga ekosistem laut. Sekaligus, merawat bibir pantai yang terancam Abrasi.

Ketua Kwartir Ranting Medang Deras dalam kegiatan ini diwakili oleh Sekretaris Kwarran Kak Addullah Qomaini S.Pd.SD atau sering disapa kak koko menyampaikan ”mendukung kegiatan ini karna pramuka SD IT Darul Abror ini sebagai contoh pertama untuk pramuka pramuka yang ada di kwarran Medang deras biar mereka tergerak dan mencontohkan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi kehidupan kita”. 

Kemudian Ketua kelompok Tani Hutan Lestari Pesisir ( Suib Wijaya, S.Pd.) menyampaikan mengenai sejarah pantai Kuala Sipare. Dulunya pantai ini merupakan distinasi pantai yang banyak dikunjungi, hampir 5 Ksekarang sudah di kikis oleh abrasi pantai sehingga rumah warga banyak yang terkena dampak abrasi tersebut. 

Kami kelompok Tani Hutan Lestari Pesisir beserta Pemerintahan Desa Medang Mencoba membuat program pembibitan mangrove dan menanam di kawasan ini guna untuk menjaga agar tidak terjadi lagi abrasi pantai dan kami berusaha untuk membuat benteng serta kami mencoba membuat benteng yang diadopsi benteng dari Belanda. 

Komandan Koramil 01 Medang Deras dalam bimbingan dan arahannya ”Kalau gerakan ini terus disampaikan lebih banyak lagi, ini cara kita meng-handle kondisi lingkungan, yang mudah-mudahan kita bisa melakukan perbaikan, restorasi,” karna ini kegiatan yang lagi viral. 

Semoga kegiatan ini bisa berdampak kepada masyarakat sekitar, dan untuk adik adik pramuka terus berbuat untuk negeri dan cintai negri ini dengan menjaga keutuhan NKRI. Pungkas (DANRAMIL)

Penulis: Heri Gunawan

Share:

No comments:

Post a Comment

Artikel

Labels

Budaya (14) ekonomi (3) Kesehatan (13) Organisasi (153) Pemerintahan (93) Pendidikan (132) politik (83) Polri/TNI (6) sosial (106) Sumatera Utara (29)

Blog Archive