-->

Untung Rugi Hadirnya Perusahaan Di Kabupaten Batu Bara

Batu Bara-Sumut, Perisainusantara.com |Kawasan Industri Kuala Tanjung yang terletak di Kabupaten Batu Bara, Provinsi Sumatera Utara, diperkirakan bakal menjadi sebuah kawasan unggul dengan berbagai industri yang sangat menjanjikan. 

Diperkirakan dengan adanya perusahaan-perusahaan industri di Kuala Tanjung nantinya, diharapkan  lahirnya perusahaan industri yang mampu membuka lapangan kerja bagi masyarakat serta meningkatkan perekonomian di Kabupaten Batu Bara.

Untuk sama-sama kita ketahui, bahwa perusahaan industri adalah suatu bidang atau kegiatan ekonomi yang berkaitan dengan pengolahan bahan baku atau pembuatan barang jadi di suatu pabrik industri dengan menggunakan keterampilan dan tenaga kerja dan penggunaan alat-alat dibidang pengolahan hasil bumi dan distribusinya sebagai kegiatan utama. Dengan hadirnya perusahaan atau pabrik-pabrik industri diwilayah Kuala Tanjung ini  khususnya di Kabupaten Batu Bara akan memiliki beberapa keuntungan salah satunya yaitu terciptanya suatu lapangan pekerjaan yang dapat mengurangi angka  pengangguran di wilayah Kabupaten Batu Bara. 

Disamping memiliki keuntungan dengan hadirnya perusahaan atau pabrik-pabrik industri juga menghasilkan suatu kerugian, diantara kerugian tersebut adalah polusi udara yang diakibatkan dari cerobong asap pabrik dan pembuangan limbah secara sembarangan yang membuat terjadinya pencemaran lingkungan, dan apabila limbah tidak dapat diolah dengan baik maka hal tersebut bisa mencemari lingkungan yang berakibat merugikan dan membahayakan makhluk hidup maupun lingkungan di sekitarnya.

Pencemaran udara yang dihasilkan dari pabrik merupakan salah satu masalah pencemaran lingkungan terbesar yang dihadapi oleh manusia. Gas yang dihasilkan dari pabrik merupakan salah satu sumber polusi udara yang sangat berbahaya bagi lingkungan hidup.

Limbah asap industri atau pabrik  merupakan salah satu penyumbang terbesar pencemaran udara yaitu limbah asap pabrik yang dikeluarkan dari cerobong-cerobong yang mengeluarkan asap, beberapa zat yang keluar dari proses industri ini berupa zat yang berbahaya seperti karbon monoksida, hidokarbon, dan senyawa yang dapat membahayakan kesehatan bagi manusia. Bukan hanya dampak yang di timbulkan kepada udara bahkan dari pencemaran udara ini juga bisa mengakibatkan pencemaran air dan tanah.

Isu mengenai pencemaran udara belakangan ini tengah mencuat, khususnya di wilayah Kuala Tanjung Batu Bara, bahwa diwilayah tersebut diduga ada perusahaan pabrik industri mereka yang mencemari udara yang berdampak langsung kepada masyarakat setempat. 

Bahwa untuk mengatasi pencemaran udara tersebut di harapkan pemerintah setempat  terutama Dinas Lingkungan Hidup harus terus berupaya untuk mengawasi dan mengatasi pencemaran udara yang berdampak buruk bagi kesehatan. (yn)

Share:

No comments:

Post a Comment

Artikel

Labels

Budaya (15) ekonomi (3) Kesehatan (13) Organisasi (158) Pemerintahan (94) Pendidikan (135) politik (87) Polri/TNI (6) sosial (107) Sumatera Utara (29)

Blog Archive