-->

KPU Batu Bara Optimis Selesaikan Coklit Tepat Waktu, Saat ini Pencapaian 80 %

KPU Batu Bara Optimis Selesaikan Coklit Tepat Waktu, Saat ini Pencapaian 80 % 



BATU BARA - Perisainusantara.com 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batu Bara optimis bisa merampungkan proses pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih Pilkada serentak tahun 2024 tepat waktu. 

Petugas cokit yang dibentuk oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) tersebut kini sedang melaksanakan tugasnya sejak 24 Juni hingga 24 Juli 2024.

“Kita optimis dapat menyelesaikannya tepat waktu. Karena hingga Selasa (9/7/24) pukul 23.59 WIB, pelaksanaan coklit telah mencapai 80,48 % dari target Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada 2024 sesuai hasil sinkronisasi sebesar 321.552 pemilih. 

Jadi tinggal sekitar 20% pemilih lagi dengan batas waktu Coklit hingga 24 Juli 2024,” ujar Ketua KPU Batu Bara, Erwin, Rabu (10/7/24).

Erwin mengatakan, DPT sinkronisasi Pilkada mengalami kenaikan dibanding DPT Pemilu serentak tahun 2024 lalu sebesar 316.635 pemilih. 

Capaian proses coklit di Kabupaten Batu Bara dikatakan Erwin bahkan melampaui capaian coklit Sumatera Utara yang masih mencapai 52%.

“Itu kita ketahui saat Rapat Persiapan Pemilihan Kepala Daerah yang dilaksanakan KPU Provinsi Sumatera Utara di Medan kemarin,” ucapnya.

Erwin menjelaskan, pada rapat yang diikuti seluruh KPU Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara, Plt Ketua KPU RI Mochammad Afifuddin menyampaikan agar KPU Kabupaten/Kota fokus melaksanakan tahapan pemutakhiran data pemilih.

Afifuddin juga mengingatkan agar regulasi yang ada dalam Undang-undang agar segera disosialisasikan kepada masyarakat. Seperti PKPU 8 Tahun 2024 Tentang Pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Serta Walikota dan Wakil Walikota.

Selain itu, Afifuddin meminta kepada semua jajaran KPU agar dapat menjaga marwah KPU di tengah masyarakat. Untuk memastikan pelaksanaan coklit berjalan sesuai ketentuan, Erwin mengatakan pihaknya terus melakukan monitoring hingga ke pelosok Desa.

“Bahkan kita juga turun memantau coklit di Desa Bandar Rahmad, Kecamatan Tanjung Tiram yang harus menggunakan perahu untuk mencapai Desa tersebut,” ungkap Erwin.

Guna memastikan penyelesaian coklit, Erwin mengatakan pihaknya telah mengimbau seluruh jajaran KPU termasuk PPS di Kabupaten Batu Bara agar dapat menyelesaikan coklit sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. “Sehingga ke depan Pilkada Batu Bara berjalan tertib dan aman,” ucap dia. 

(yusri)



Share:

No comments:

Post a Comment

Artikel

Labels

Budaya (16) ekonomi (3) Kesehatan (13) Organisasi (175) Pemerintahan (100) Pendidikan (136) politik (89) Polri/TNI (6) sosial (107) Sumatera Utara (29)

Blog Archive